Ngeblog Tidak Mesti Menulis, Kok!


Alasan orang yang paling dekat saat tidak memiliki blog atau tidak berniat untuk membuat blog rata-rata sama. Kita sudah mendengar alasan yang sama berulang-ulang. Tidak hanya dari satu dua orang. Tapi banyak sekali. Coba deh tanya orang yang tidak memiliki blog. Berapa banyak di antara mereka yang tidak membuat blog karena alasan yang sama.

Saya tidak bisa menulis!

Itu alasan mereka. Bentuknya bisa bermacam-macam. Kehabisan kata-kata pembuka untuk memulai sebuah postingan. Tidak bisa merangkai kata-kata dengan baik. Sering mentok saat ingin mengakhiri sebuah tulisan. Belum lagi yang mengaku tak punya ide sama sekali. Paling jauh lagi adalah menganggap menulis bukanlah kegiatan yang menyenangkan.


Tetapi itu semua sebenarnya tidak berlaku untuk orang yang memilih membuat blog. Karena sebenarnya ngeblog bukan hanya diperuntukan bagi orang yang mau menulis saja. Hani tidak akan mengatakan ngeblog lebih cocok buat orang yang bisa menulis. Karena sebenarnya orang yang bisa memenuhi blognya dengan tulisan bukan orang yang memiliki keterampilan menulis yang baik melainkan lebih cenderung pada orang yang mau melakukan kegiatan menulis itu sendiri.

Ngeblog apakah memang hanya untuk orang yang mau menulis?

Coba deh mampir ke berbagai blog yang jumlahnya sangat banyak. Pasti nanti akan menemukan blog-blog yang sama sekali tidak dibangun dengan artikel. Jika memang ingin ngeblog tetapi tidak mau menulis ada beberapa cara kok yang bisa dilakukan.

Ngebloglah dengan konten yang lain. Sebuah blog bisa dibangun dengan konten yang kita mau dan tidak diwajibkan tulisan. Banyak blog yang isinya video, foto, atau podcast. Setiap konten yang kita pilih cukup diberikan judul, baik judul konten atau judul isi konten tersebut. Kalaupun tidak ingin memberikan judul hanya ingin memosting gambar, atau video bahkan podcast lakukan saja. Tidak ada aturan yang melarang membuat konten tanpa tulisan.

Masih mikir ngeblog itu harus menulis? Ngeblog aja dengan menggunakan konten yang kita mau. Tidak mesti menulis kok.

Selamat ngeblog!
Share:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes