11 Desember 2012

Membuat Template Sendiri


Beberapa hari ini kelelahan membaca begitu banyak tutorial. Sejak pertama saya memang masih belum puas dengan template yang saya miliki. Selalu ada yang kurang. Masih ada sesuatu yang kurang menggigit mungkin. Sulit menggambarkannya tetapi yang saya maksudkan adalah template tersebut rasanya belum seperti saya. Berburu cara membuat template blogger di berbagai web rasanya sudah cukup membuat saya sedikit kelelahan.

Saya hanya berharap ada sebuah editor online template yang memperlihatkan langsung hasil kita mengedit. Menunjukkan bagian yang sedang kita edit tersebut di bagian kanan dan kodingnya di sebelah kiri. Rasanya saya memang pernah menemukan seorang teman yang menggunakan aplikasi untuk membangun templatenya. Waktu itu saya hanya melihat cara membuat template yang ada di situ kurang menarik. Lebih mirip tabel-tabel dan bukan seperti itu yang saya inginkan.

Di blogger sendiri kita memang dibebaskan membuat template sesuka kita. Begitu banyak hal yang bisa kita gunakan untuk mempercantik tampilan blog. Bisa diibaratkan semua itu adalah bumbu untuk membuat makanan paling enak di dunia. Sayangnya semuanya tak akan ada gunanya jika kita tak pernah tahu nama dan rasa bumbu yang ada di depan mata. Semua hal itu terlihat tapi hanya di satu sisi. Koding hanya terlihat sebagai koding oleh saya. Tak lebih. Sulit menggambarkannya menjadi sebuah bentuk yang utuh.

Tetapi blogger memang sebuah blog yang menyediakan kemudahan untuk orang yang paling awam sekalipun. Jika kita tak mengerti koding kita bisa memilih template mana saja yang rasanya sesuai dengan keinginan kita. Belum puas kita bisa masuk ke bagian keduanya, pengubahsuaian. Masih belum puas masih ada CSS yang bisa kita gunakan untuk pengubahan tahap mahir. Masih kurang puas? Hapus seluruh kode yang ada di kotak html template dan berkreasi sendiri membuat template yang baru.

Berkali-kali saya bertanya pada banyak orang, siapa yang bisa mengajari saya membaca html dan CSS. Saya benar-benar ingin melihat semua kode itu sebagai sebuah bagian yang utuh dari template. Tak lagi rumit dan membuat saya galau seharian karena tak mampu menemukan cara untuk membuat template yang saya inginkan.

Saya ingin sebuah template yang tidak berat, lain dari yang lain, rapih, dan kotak yang memuat artikelnya itu tidak tajam melainkan membulat seperti yang sekarang ada di sini.



Setelah tanya sana-sini. Dibimbing oleh beberapa orang. Mendapat kode-kode CSS yang bercampur dengan html akhirnya saya bisa menggunakan template yang sebelumnya gagal terpasang dengan indah di sini untuk menampilkan kotak artikel seperti yang saya mau.

Kesabaran saya yang sebenarnya sudah habis sejak kemarin akhirnya tak lagi membutuhkan tambahan minus. Saya menyelesaikan pembuatan templatenya dan membuat catatan kaki di template ini sebagai penanda saya yang membuatnya. Senang akhirnya bisa menyelesaikannya. Saya belum belajar lebih lanjut untuk membuat template sendiri ke depannya. Setidaknya template yang telah saya selesaikan ini menahan keinginan saya untuk mengubahnya kembali sementara waktu. Semoga dalam waktu yang panjang. Soalnya hampir memenuhi gambaran template yang saya idam-idamkan selama ini.

Satu hal yang paling menyenangkan. Saya membuat template sendiri. Dengan jemari saya. Terima kasih buat beberapa orang yang telah saya recoki cuman buat tanya hal-hal remeh. Semoga template ini banyak yang suka.

Related Posts

Membuat Template Sendiri
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).