Dasar-Dasar Template: Menemukan Warna yang Tepat



Banyak dari kita yang suka memikirkan penampilan blog yang kita huni. Begitu juga saya. Saya sangat antusias masalah mengedit template. Tapi saya memang memiliki passion yang tinggi untuk mengedit tetapi tidak dibarengi pengetahuan yang cukup. Berharap akan ada satu aplikasi yang sesuai dengan bayangan saya. Aplikasi untuk membuat template yang bisa pake kayak menggambar di kertas putih. Siapa yang tak ingin tahu cara paling mudah untuk membuat template? Apalagi untuk orang seperti saya yang sama sekali tak punya pengalaman belajar membuat template.

Harus kita akui banyak sekali di luar sana yang menyediakan pilihan template yang tinggal install. Sayangnya apabila telah menginstall template tertentu, kita tak bisa dengan bebas mengubah apa yang sudah ada di sana dengan 'Desainer Template' yang sudah di sediakan blogger.


Membuat template adalah sesuatu hal yang gampang-gampang susah menurut saya. Terutama bagian memadu-madankan warna. Banyak dari kita yang merasa warna-warna yang kita sukai akan membentuk satu kesatuan yang indah. Padahal pada praktiknya belum tentu demikian hasilnya.

Mencoba terus bisa kita lakukan untuk mendapatkan warna yang sesuai. Sejak awal saya memang menginginkan sebuah template yang terlihat manis, sederhana, dengan warna-warna pastel yang lembut. Tidak menyilaukan dengan memberikan terlalu banyak warna putih tapi tentu saja tidak akan pernah menggunakan warna yang gelap untuk warna dominan. Apalagi hitam. Saya suka kesulitan membaca di blog yang warna utamanya gelap.

Banyak dari kita akan menemukan warna yang sudah disediakan blogger di 'Desainer Template'. Kita bisa menemukannya dengan membuka template dan masuk ke 'sesuaikan' jika dashboard teman-teman menggunakan bahasa Indonesia seperti blog saya. Tapi warna yang ada di sana kadang-kadang bukan warna yang kita cari. Kita juga tak berminat untuk menghapal semua kode warna yang ada di dunia maya ini untuk membuat sebuah template. Rasanya tak sepadan dengan warna yang kita butuhkan.

Jika memang menyukai warna yang tidak tersedia di 'Desainer Blogger' ada baiknya membuka web yang menyediakan banyak pilihan warna yang bisa kita gunakan untuk mengubah warna pada template kita. Saya mengobok-obok di ColourLovers untuk mendapatkan warna yang paling tepat. Tersedia banyak sekali pilihan warna yang tak dapat saya hitung jumlahnya. Kebingungan memilih warna di sana saking banyaknya? Tenang, kita bisa memasukkan kata kunci seperti 'pastel' atau 'soft' untuk penyuka template dengan warna segar, manis, dan lembut. Warna-warna yang mirip dengan adonan kue sepertinya.


Buat yang suka dengan warna semarak yang tajam dan terang, juga banyak kok pilihannya.

Untuk mengambil kode warnanya silakan ambil kode di bawah palette, yang ditandai dengan 'HEX'. Di atas 'HEX' itulah kode dari warna tersebut. Masukkan di 'Desainer Blogger' yang menyediakan kotak warna. Penggantian warna akan segera dilakukan dalam hitungan detik. Bergantung pada kecepatan koneksi. Perubahannya bisa kita lihat dibagian bawah yang menunjukkan tampilan yang akan nampak di blog kita. Belum sesuai? Cari lagi warna yang lain sebelum menerapkannya di blog.

Bagian untuk mengubah warna ada di 'Desainer Blogger' yang ditandai dengan 'tingkat lanjut'. Selamat mencoba dan bermainlah dengan warna yang kamu suka.

Ada yang ingin ditanyakan?

Share:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes