Dasar-Dasar Template: Cara Mudah Membuat Header Blog

Membuat header untuk blog sendiri adalah impian saya selama ini. Tetapi menggambar secara digital belum menjadi keahlian saya sehingga pilihannya adalah mencari gambar yang paling sesuai untuk dijadikan header blog. Awalnya saya selalu menggunakan kata kunci 'header blog' atau 'cute header blog' dan kata kunci lain yang membuat saya mendapatkan header yang manis untuk blog ini. Tidak terlalu berat tapi tidak pula membosankan.

Ada yang pernah bilang blog butuh gambar orang supaya tidak terlampau sepi. Sehingga setiap header saya selalu ada manusianya. Meskipun hanya manusia dalam bentuk gambar animasi setidaknya membuat suasana blog ini lebih ramah.



Terkadang yang menjadi masalah tentunya adalah header yang kurang sesuai dengan ukuran blog kita. Belum lagi kemungkinan orang menggunakan header yang sama. Namanya juga mengambil dari internet, siapa saja bisa melakukannya bukan? Itulah kemudian yang membuat saya memilih untuk membuat header sendiri. Bukan dengan menggambar tetapi dengan kemampuan memodifikasi sebuah gambar yang sudah ada menjadi header.

Gambar yang ada di header blog ini sebenarnya ukurannya besar. Potongannya lebih mirip dengan wallpaper untuk netbook atau background blog. Di sinilah kita membutuhkan kemampuan memotong dengan aplikasi yang ada di netbook.

Langkah-langkah membuat header adalah sebagai berikut.
  1. Siapkan gambar
    Unduh gambar yang resolusinya besar dan memiliki panjang yang cukup untuk lebar blog. Tidak masalah jika nantinya gambarnya ternyata lebih panjang dari blognya. Saya mengunakan kata kunci 'cute wallpaper' untuk mendapatkan gambar yang sekarang ada di atas blog saya. Silakan gunakan kata kunci yang paling sesuai. Jika ingin wajah sendiri yang terpajang di sana. Cari foto yang resolusinya baik dan bukan foto close up.

  2. Potong
    Ambil bagian yang ingin dijadikan header dengan memotongnya. Gambar yang saya gunakan dimensinya 1262x381px. Ukurannya 245.5kb. Usahakan foto tidak lebih dari 250kb sehingga blog tidak terlalu berat.

  3. Unggah
    Buka 'tata letak' dan unggah gambar yang telah teman-teman Honeylizious potong tadi dan isi judul serta deskripsi blog. Simpan.

  4. Sesuaikan
    Header yang telah digunakan apabila memang ukurannya belum sepenuhnya pas dengan ukuran blog bisa segera diedit. Bisa dengan membuat ukuran headernya mengikuti blog atau membuat ukuran blog yang sesuai dengan header. Apabila headernya yang ingin diperbaiki bisa dengan memperkirakan bagian yang harus dipotong lagi dengan mengukurnya di tampilan blog. Ganti gambar sebelumnya dengan gambar yang sudah dipotong kembali untuk menyesuaikan. Jika masih kurang puas, lakukan hal yang sama hingga benar-benar pas. Nah, lebih mudah menyesuaikan ukuran template agar mengikuti header karena sambil kita mengubah ukuran template tampilan blognya bisa dilihat di bagian bawah 'Desainer Template'.

Selamat mencoba. Good luck!
Share:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes