Blacklist



Aplikasi ini sudah saya gunakan sejak beberapa tahun yang lalu. Saat masih pake symbian, saya mulai menggunakannnya. Fungsi yang paling saya sukai adalah menolak panggilan secara otomatis dari ponsel dan menerima pesan singkat dari kotak pesan bukan yang biasanya ada di ponsel.

Di symbian sendiri namanya Mcleaner yang saya gunakan. Khusus android saya menggunakan blacklist yang versi gratisan. Gratis tapi bukan free trial. Hanya fungsinya tidak bisa kita gunakan semua dibandingkan dengan yang pro. Namun cukuplah untuk memblokir semua panggilan yang tak kita inginkan. Termasuk pesan singkatnya tidak akan muncul di kotak pesan biasa melainkan di kotak pesan blacklist.


Selain kita bisa memasukkan nomor-nomor yang tidak kita inginkan di daftar ditolak, kita juga bisa memblokir nomor asing yang memanggil. Termasuk nomor pribadi. Berakhirlah sudah semua pemanggil dengan nomor pribadi itu dengan status ditolak.

Aplikasi seperti ini sangat bermanfaat untuk mengakhiri gangguan dari nomor-nomor yang mengajak kenalan. Walaupun rasanya sudah tak dapat dipercaya masih ada orang yang mau berkenalan dengan SMS atau telpon? Saya pikir era itu sudah berakhir ketika facebook dan twitter mulai booming.

Sayangnya tak ada blacklist yang bisa mengalahkan suara Mister Achan. Saat mendapat panggilan dari nomor baru saya tinggal memberikannya pada Mister Achan, saya memang tidak memblokir nomor yang belum tersimpan di ponsel kecuali nomor pribadi. Suara Mister Achan sangat ampuh membuat penelpon itu jera.

Jaman dulu sih masih menolak dengan manual. Biasanya saya akan pasang suara dingin dan bilang: 'Maaf saya sedang mencoba menidurkan anak saya, ada yang pentingkah?'. Tidak semuanya langsung lenyap sih, ada beberapa yang masih ngotot.

Gangguan cukup banyak minggu ini, sepertinya ada yang memang sengaja menyebarkan nomor saya dengan dalih yang tak saya ketahui. Entahlah. Sejak dulu nomor ponsel saya memang banyak pengganggunya dan mengganti nomor ponsel dengan nomor baru bukanlah cara saya.

Sama seperti menghadapi orang-orang yang mencoba mengganggu saya di kolom komentar yang dimoderasi ini. Semua gangguan itu tak membunuh saya. Malahan kadang menambah energi untuk menulis lebih banyak lagi. Cuman kasihan aja sih ada yang membuang waktu untuk mengganggu saya.
Share:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes