24 Desember 2012

4 Fungsi iReader


Selama setahun lebih aktif ngeblog dan blogwalking banyak menemukan blog dengan berbagai karakter. Entah itu tampilan blognya yang terlalu ramai. Belum lagi templatenya yang warnanya tidak begitu bersahabat dengan mata kita. Mungkin bagi sebagian orang template gelap dengan tulisan terang tidak begitu mengganggu. Tetapi bagi mata saya sendiri, template yang demikian entah mengapa membuat mata saya harus melihatnya dengan kelopak mata yang merapat. Sedikit mirip dengan mengintip.


Terlepas dari pilihan warna, banyak pula blog yang menggunakan pilihan huruf yang sulit untuk dibaca. Entah karena ukuran terlalu besar atau sebaliknya malah terlalu kecil. Kemudian spasi yang terlalu rapat. Belum lagi warna huruf itu sendiri. Mungkin ada yang memilih untuk segera menutup blog tersebut dan jalan-jalan di blog lain. Apakah salah pemilik blog menggunakan semua yang ada di blognya tanpa memikirkan pembacanya sendiri?


Di sini saya tidak akan menyalahkan pemilik blog yang seleranya ternyata tidak sesuai dengan selera pengunjung. Hak masing-masing ingin menggunakan apa saja yang ada di blog. Intinya kalau memang tidak sesuai dengan kenyamanan pembaca, pembaca sendiri punya pilihan untuk segera menutup blog tersebut dan pergi mengunjungi blog yang lain.

Tapi seberapa banyak dari kita yang suka mengunjungi sebuah blog karena memang isinya mengena? Atau mungkin kita membutuhkan informasi yang ditulis oleh orang tersebut? Belum lagi kalau memang isi blognya memuat sesuatu yang berkaitan dengan kepentingan kita. Kita tentunya tak bisa mundur begitu saja bukan?

Di sinilah pentingnya kita menggunakan Chrome atau Chromium karena di Chrome (Chromium) ada yang namanya iReader. Di Mozilla Firefox sendiri saya tidak tahu apa nama ekstensi yang bisa dipasang untuk mendapatkan hasil yang sama.


Apabila kita telah menginstall iReader di Chromium atau Chrome kita bisa mendapatkan banyak manfaat darinya. Fungsi iReader bagi Honeylizious sendiri adalah sebagai berikut.

1. Mempermudah Membaca
iReader akan menampilkan tulisan yang ingin kita baca seperti buku. Halaman berubah menjadi putih dan tulisan menjadi hitam. Ukurannya juga bisa diperbesar dan diperkecil sesuai keinginan kita. Ada tombol zoom in dan out di bawahnya sehingga kita tidak perlu khawatir tulisannya tidak sesuai dengan kemampuan mata kita melihat. Semua iklan yang mengganggu akan menghilang dari hadapan kita. Jadi kita tidak perlu melihat iklan-iklan yang lewat secara otomatis dan harus di klik untuk menghilangkannya.

2. Mempermudah Copy
Berapa banyak dari kita yang menemukan blog tutorial yang kode yang kita butuhkan tidak bisa dicopy? Sering sekali kita menemukan tipe blog yang seperti ini. Menambahkan skrip di blognya sehingga kita tidak bisa seenaknya mengambil tulisan di sana. Tapi beda cerita kalau tutorialnya memuat kode yang memang harus dicopy karena sedemikian banyaknya. Mungkin saja kita mengetikkannya satu demi satu tapi siapa yang akan mau melakukannya jika kita bisa mengopasnya begitu saja? Toh kita tidak berniat untuk membuat artikel copas. Bisa jadi pemilik artikel sengaja melakukannya untuk menghentikan orang menggunakan artikelnya di blog pengopas tersebut. Menggunakan iReader kita bisa menonaktifkan skrip anti copas yang dimaksud. Saya tidak menganjurkan artikel tersebut dicopas untuk digunakan kembali sebagai artikel blog. Tetapi hanya untuk kemudahan pembaca yang ingin mempraktekkan tutorialnya.

3. Mempermudah Share
Bisa jadi kita menemukan artikel yang bagus untuk dibagikan pada teman-teman yang lain. Tapi kita malas untuk mengambil tautannya di tab. Nah, iReader telah menyediakan dua tombol share, baik tombol share ke twitter maupun ke facebook. Bahkan bisa juga share ke e-mail.

4. Mempermudah Print
Pengen mencetak tulisan yang ada di blog tersebut langsung? Juga bisa menggunakan iReader. Sudah ada tombol printer di sana. Sehingga memudahkan kita untuk mencetak tulisan dari blog dan menyimpannya sebagai koleksi.

Bagi Honeylizious, ini fungsi iReader yang sangat membantu aktivitas ngeblog dan blogwalkingnya. Bagaimana denganmu? Apakah sudah menggunakan iReader di Chrome (Chromium)?

Untuk menginstall ekstensi iReader silakan klik di sini.

Related Posts

4 Fungsi iReader
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).