Sotong Pangling, Sotong Pangkong dan Digiling


Setiap bulan Ramadhan sudah menjadi tradisi di Kota Pontianak kalau pedagang sotong pangkong akan menjamur di beberapa titik. Paling banyak di Jalan Merdeka. 

Mulai dari warung dengan fasilitas yang lumayan nyaman hingga gerobak pinggir jalan yang sekadar menggelar tikar untuk lesehan pengunjung.


Tahun ini saya memilih sebuah warung yang sedikit menarik minat saya untuk mampir. 



Warung Sotong Pangling, kepanjangan dari Sotong Pangkong dan Digiling. Jadi di sini sotongnya sudah digiling hingga memperlihatkan serat yang mudah disobek.


Sotong Pangkong yang saya pesan ukuran paling kecil yang ternyata kecilnya masih terasa besar. Panjangnya sekitar dua jengkal termasuk kepalanya yang merupakan bagian paling enak. Harganya 15.000IDR.

 
Sotong pangkong yang tersedia di sini juga sangat menarik. Tidak ada bagian sotong yang dipangkong dengan palu besi melainkan sotongnya sudah terlebih dahulu dipangkong dan digiling. Kita hanya akan melihat sotong yang dipanggang di atas bara. 



Setelah direndam beberapa saat di wadah yang di dalamnya ada bumbu kacang dan bumbu rahasia yang saya tak tahu, sotong pun segera diletakkan di atas pemanggang.


Sotong pangkong ini proses pemanggangannya membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Sotong akan berubah dari warna pucat menjadi sedikit cokelat dan berbau harum. Saat melihat dua ekor sotong yang saya pesan sedikit menyesal memesan dua. Ternyata ukurannya sangat besar. Cukup sulit menghabiskannya sehingga saya memilih untuk membungkus sisanya.

Eh iya, kuah yang tersedia ada dua jenis. Kuah kacang dan kuah ebi. Bisa ditambahkan cabai apabila suka. Ada juga yang menyediakan tiga jenis kuah, yaitu kuah cabai, kuah ebi, atau kuah kacang. Cara memakannya juga beragam. Bisa dengan direndam, dicocol, atau dihirup. Bergantung keinginan teman-teman. Selengkapnya cara memakan sotong pangkong ada di sini.

Saat sahur, saya berbagi sotong pangkong tersebut bersama Eri teman bersiaran Sahur di Radio Volare. Saya sudah makan sotong pangkong puasa ini, bagaimana dengan kamu? Apabila berminat, bisa menghubungi saya untuk membeli mentahan sotongnya.

Rohani Syawaliah
WhatsApp: 085213626011
Twitter: @honeylizious
Y!M: listia_19
Share:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes