18 Juni 2012

Cara Menyatukan (Merge) File di Ubuntu: HJsplit, LXSplit, atau Gnome Split?

Beberapa hari yang lalu sempat dipusingkan dengan film Easy A yang saya minta dari teman satu komplek dan teman siaran, Febi. Film hanya berjalan hingga menit ke-22. Selanjutnya tidak ada. Terputus. Waktu itu memang ada peringatan dari VLC Player yang sudah menjadi sahabat terbaik saya untuk menonton film di laptop yang tak lagi memiliki Windows, bahwa VLC tidak bisa memutar file yang berekstensi 'undf'. Pertama karena 'undf' sendiri bukan format file.

Jadi waktu itu saya baru membuka folder film 'Easy A' yang saya kirim dari laptop Febi dan menyadari bahwa file yang formatnya 'mkv' tersebut terpecah menjadi 4 bagian. Formatnya menjadi 'EasyA.mkv.001', 'EasyA.mkv.002', 'EasyA.mkv.003', dan 'EasyA.mkv.004'. Memang sering terjadi begini, ada tempat pengunggahan yang tak mengizinkan file yang terlalu besar untuk diunggah sehingga sang pemilik memecah (split) filenya menjadi beberapa bagian. Jadi untuk menontonnya saya harus menyatukan semua file tersebut.

Untuk Febi sendiri tidak mengalami masalah karena VLC-nya langsung bisa memutar film tersebut langsung. Tidak seperti saya yang sampai mengopi dua kali film tersebut dan ternyata masih saja sama. Kemudian saya mencari tahu tentang 'undf' yang terbaca di VLC. Saat itu saya mendapatkan pencerahan untuk membuat 4 file tersebut menjadi satu. Masalahnya saya yang masih baru menggunakan Ubuntu sangat kewalahan untuk mencari tahu aplikasi yang sesuai. Bahkan untuk menginstallnya saja saya masih sedikit kebingungan. Baca banyak tutorial sampai pusing.

Kemudian beberapa jam saya menemukan 3 aplikasi yang bisa digunakan.

  1. HJSplit
  2. LXSplit
  3. Gnome Split

Lalu? Saya sendiri menggunakan yang mana? HJSplit dan LXSplit saya gagal. Entah terinstall atau tidak. Saya berhasil menggunakan Gnome Split. Sangat mudah. Buat teman-teman yang masih baru menggunakan Ubuntu seperti saya bisa membuka 'Ubuntu Software Center'. Tinggal ketikkan kata kunci 'Gnome Split' dan tinggal tekan 'install'. Daripada membuka terminal dan mengetikkan perintah yang kita baca dari tutorial. Masih banyak aplikasi lainnya yang menggunakan kata 'Gnome' sepertinya memang 'Gnome' adalah kata yang sangat dekat Ubuntu. Bahkan untuk aplikasi twitternya menggunakan 'Gwibber'. Lucu ya?

Gnome Split sendiri tidak hanya diperuntukkan bagi orang yang ingin memecah file (split) menjadi ukuran yang lebih kecil, ini juga berlaku untuk kita yang mengunduh file yang terpecah dan ingin menyatukannya (merge). Menggunakannya juga sangat mudah kok. Selamat mencoba!

Related Posts

Cara Menyatukan (Merge) File di Ubuntu: HJsplit, LXSplit, atau Gnome Split?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).