1 Februari 2012

Mau ke Pulau Randayan (Lagi)?


Mau tahu Pulau Randayan berada di mana? Teman-teman bisa lirik sebelah utara daerah pesisir Provinsi Kalimantan Barat. Di sanalah Pulau Randayan berada. Pulau Randayan merupakan pulau yang kecil. Cukup setengah jam dengan berjalan kaki untuk mengelilinginya.

Mendatangi Pulau Randayan, kita bisa bertolak dari Teluk Suak. Perjalanan dari Pontianak menuju Teluk Suak dapat ditempuh selama 2,5 jam dengan jarak sekitar 115 km. Teluk ini berada di 32 km dari Kota Singkawang.


Dari Teluk Suak Anda dapat menggunakan speed boat dengan tarif pulang pergi (PP) Rp150.000,-. Alternatif lain, Anda dapat menggunakan perahu motor atau kapal khusus. Tetapi, Anda harus berangkat dari Pasir Panjang. Tarif kapal khusus adalah Rp.100.000,-PP, sedangkan tarif perahu motor adalah Rp30.000,- PP.

Mengapa Pulau Randayan harus kita datangi?

Hamparan pasir putih yang luas dan indah di Pulau Randayan memiliki daya tarik tersendiri. Pohon-pohon nyiur melambai tertiup angin. Air laut Pulau Randayan yang jernih dan tidak terlalu dalam memungkinkan kita untuk melihat dengan jelas berbagai terumbu karang dan ikan berwarna-warni yang berada di dalamnya.

Keindahan alam Pulau Randayan dapat dinikmati dengan menyelam atau snorkeling. Untuk melakukan snorkeling, kita tidak memerlukan peralatan yang lengkap. Cukup dengan kacamata berenang, sudah bisa menikmati berbagai biota bawah laut yang begitu mempesona.

Berdasarkan informasi dan data yang ada, Pulau Andayan memiliki pasir seluas 4,77 hektar, karang hidup 4,50 hektar, karang mati 3,69 hektar, dan lamun 0,63 hektar. Wow, kekayaan alam yang cukup menantang untuk dijelajahi!

Terumbu karang di Pulau Randayan tumbuh subur dan berkembang biak di bawah laut. Berbagai jenis ikan tropis dapat ditemui ketika menjelajahi keindahan bawah laut Pulau Randayan.

Fasilitas yang tersedia di sini selain snorkeling dan menyelam, kita juga bisa memancing. Ikan hasil tangkapan bisa langsung dinikmati dengan dibakar di sana.

Makan ikan bakar sambil menikmati pemandangan di tepi laut yang indah pasti akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Fasilitas wisata lainnya adalah vespa air. Fasilitas ini telah disediakan oleh pihak pengelola pulau.

Untuk menginap, kita dapat menyewa vila/cottage. Vila-vila ini berdiri menghadap laut. Hal ini memungkinkan kita menikmati panorama pulau dan laut langsung dari vila yang ditinggali. Tarif penginapan di sini bervariasi. Ada penginapan atau cottage dengan tarif Rp400.000,- per malam.

FYI, Pulau Randayan adalah pulau pribadi yang telah disulap menjadi sebuah wisata bahari yang mempesona.


Sumber: annehira.

Followers

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive