27 Januari 2012

Rabun Verifikasi



Ayo siapa yang tidak sadar mengaktifkan verifikasi komentar untuk blognya? Atau malahan memang sengaja menggunakan verifikasi dengan alasan untuk menjaring spammer? Jangan bilang juga jika anda mengaktifkan verifikasi untuk menghalangi saya komentar karena memang ada satu blog yang saya yakin sengaja menggunakan verifikasi untuk menghalangi saya komentar di tiap postingannya. Sayangnya itu tidak menghalangi saya. Saya tetap komentar kok di blog itu. Tapi kenapa sekarang blognya hiatus? Apakah pindah ke blog baru agar saya tidak mengganggu?

Oh abaikan pembukaan ini.

Saya suka kesal ketika harus tersangkut di bagian verifikasi ketika akan memberikan komentar di sebuah postingan. Bahkan ada yang verifikasinya tiga tingkat. Gila kan? Oke, saya tahu itu tidak gila, tapi apakah memang sedemikian mestinya menggunakan verifikasi dalam kotak komentar?

Hello Hani, blog, blog aku, suka-suka aku dong…

Baiklah memang hak tiap orang untuk menggunakan verifikasi komentar di blognya. Saya tidak melarang. Nah, lain cerita apabila verifikasi itu tidak disadari sang blogger terdapat di blognya.

Buat yang menggunakan dengan sengaja untuk menjaring penebar komentar ‘sampah’ yang sama sekali tidak ada kaitan dengan postingan di blog tersebut jangan takut, baik blogger maupun wordpress kan sudah bisa menjaring komentar yang seperti itu. Kalaupun ada yang lolos, itu tetap jarang. Malahan ada beberapa komentar yang bukan ‘sampah’ ikutan masuk ke kotak ‘spam’.

Berhubung saya pengguna blogger, saya ingin berbagi informasi cara menghilangkan verifikasi di kotak komentar blog kita. Sebab memang tidak sedikit blogger yang tidak tahu ada verifikasi di blognya. Saya sering kali terkendala di verifikasi komentar saat sudah capek-capek mengetik panjang lebar, bahkan pernah 10 kali verifikasi saya gagal, padahal sangat ingin meninggalkan komentar di sana. Saya akui saya rabun verifikasi. Saya gagal membaca verifikasi yang diberikan dengan benar. Ujung-ujungnya, saya harus mengalah dan tidak jadi memberikan komentar. Jadilah silent reader.

Saat kita membuka dashboard blogger yang baru memang saya pun tidak menemukan bagian setelan verifikasi komentar ini. Entah dashboard saya saja yang demikian atau yang lainnya mengalami hal yang sama, saya tidak tahu, tapi ada beberapa orang yang sama dengan saya. Jadi kita harus mengembalikan dashboard ke tampilan lama. Bingung? Klik saja bulatan kanan dan pilih ‘antarmuka blogger lawas’.



Kemudian pilih ‘setelan’. Setelah itu ke bagian ‘komentar’. 


Gerakkan ke bawah untuk menemukan ‘tampilkan verifikasi kata untuk komentar’? silakan pilih tidak untuk menon-aktifkannya. Lalu simpan setelan tersebut.



Selesai. Mudah kan?

Related Posts

Rabun Verifikasi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).