30 Januari 2012

PrtSc SysRq dan ScreenSnap: Pemotret Layar Komputer dan Ponsel



Dulu suka iri melihat orang bisa mengunggah gambar layar komputernya yang berisikan informasi mendukung tulisannya. Sekarang sih sudah tahu caranya.

Siapkan aplikasi ‘paint’.



Kalau bingung di mana letak aplikasinya, bisa dicari di sini.


Tinggal tekan “PrtSc SysRq” setelah layar menampilkan gambar yang ingin kita.

Gambar dari sini.

Buka aplikasi ‘paint’ dan “control + V” di “paint”. Kemudian ‘save’. Bisa disimpan dalam berbagai model. Bisa JPG atau PNG. Semuanya terserah kita.


Apabila sudah disimpan, gambar siap digunakan untuk apa saja.

Tapi bagaimana jika kita ingin memotret layar ponsel kita? Apa yang ditampilkan di sana. Misalnya tidak bisa menunggu lagi? Harus segera. Butuh cepat istilahnya.

Gambar dari sini.

Ponsel saya, nokia 6120 Classic, memiliki aplikasi ‘ScreenSnap’ yang bisa digunakan untuk memotret. Aplikasi ini bisa didapatkan tanpa perlu membayar sepeser pun alias gratis. Klik di sini untuk mendownload (Symbian Nokia S60V3 and S60V5).

Tinggal install langsung pakai. Menggunakannya juga mudah. Anda hanya perlu memperhatikan waktu yang anda butuhkan untuk memotret. Standar di aplikasi ini adalah 5 detik. Anda bisa menambah atau mengurangi jika anda mau. Apabila anda sudah menentukan waktu yang anda inginkan, tinggal tekan pilihan, lalu ‘capture now’, pilih tampilan yang ingin anda potret, entah dari opera mini, atau aplikasi lainnya, terserah anda, setelah waktu delay habis, aplikasi ini akan memotret otomatis.

Gambar akan langsung tersimpan di galeri. Gambar siap digunakan.

Related Posts

PrtSc SysRq dan ScreenSnap: Pemotret Layar Komputer dan Ponsel
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).