MAKANAN KHAS KALIMANTAN BARAT: NASI SERAWE ALA HONEYLIZIOUS


Gambar dari sini.


Baiklah setelah sekian lama tidak ada resep masakan di sini, saya ingin berbagi sebuah resep hasil menggabungkan makanan khas dengan makanan kesukaan. Nah saya suka sekali dengan yang namanya durian. Bagaimana denganmu? Apakah suka juga memamah durian? Ini bukanlah judul novel pertama saya yang telah berada di tangan banyak orang di luar sana. Tapi kita akan fokus pada makanan.

Nah, di suatu desa di Kalimantan Barat ada seorang nenek yang sekarang masih tetap cantik dan kinyis-kinyis. Nenek saya yang punya resep makanan namanya: “Nasi Serawe”. Namanya lucu kan? Oh tidak ada yang tertawa baiklah, saya anggap memang namanya tidak lucu.

Nasi serawe ini sebenarnya adalah panganan dari ketan hitam. Boleh diganti ketan putih bila tidak suka dengan ketan hitam. Cara membuatnya juga mudah. Bahan yang diperlukan hanyalah beras ketan (bisa hitam bisa putih), gula merah, santai kelapa, dan durian. Jika tidak suka dengan durian tidak usah dimasukkan juga tidak apa-apa. Karena resep aslinya tidak menggunakan durian.

Beras ketan ditanak dengan daun pandan hingga menjadi nasi ketan yang pulen. Gula merah dicairkan dengan sedikit air. Santan dididihkan. Jika suka campurkan durian dalam santan. Cara memakannya juga mudah. Tempatkan nasi dalam mangkok atau gelas, mana suka saja. Lalu ambil kuah gula secukupnya. Tambahkan di atas nasi. Berikutnya kuah santan yang gurih yang ada duriannya. Buat yang tidak menggunakan durian bisa menggunakan santan polos yang sudah dididihkan.

Siap dihidangkan. Ada yang suka mengaduk nasi hingga tercampur rata dengan gula dan santan. Ada pula yang suka menyendok nasinya kemudian menghirup kuah santan yang tercampur gula dari sendok. Bergantung pada pilihan masing-masing. Kalau saya sih sukanya mengaduk semuanya baru memakannya sehingga merata rasanya.
Share:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes