Langsung ke konten utama

(GoVlog-Ramadhan) 9 Tips Siaran Sahur

Pada bulan ramadhan tidak hanya televisi yang berlomba-lomba untuk membuat program khusus sahur, banyak radio juga tidak mau ketinggalan. Tidak terkecuali Radio Volare , sebuah radio swasta di Pontianak yang menamai program sahurnya INSAP. Kepanjangan dari Ini Saatnya Puasa. Tahun 2010 lalu program ini juga bernama INSAP, bedanya kepanjangannya adalah Ini Sahur Bareng Penyiar.


Nah, menjadi seorang penyiar sahur bukanlah hal yang mudah, selain harus bangun lebih pagi dibanding biasanya, penyiar juga harus bisa mengendarai kendaraannya dengan baik. Jangan sampai dalam keadaan mengantuk apalagi lemah.
littlegirlemoticon
Saya ingin membagikan beberapa tips buat teman-teman yang sekarang menjadi penyiar acara sahur atau akan menjadi penyiar sahur suatu hari nanti.

1.      Alarm
Susah bangun akan menjadi kesulitan utama yang dihadapi setiap orang. Apalagi kalau harus bangun lebih awal dari biasanya. Di Radio Volare, jadwal program INSAP mengudara pada pukul 3 dini hari. Menyalakan alarm sebagai alat untuk membangunkan tepat waktu adalah hal yang biasa, apabila memang gagal terbangun dengan alarm yang sudah kencang ada baiknya menyediakan tiga alarm yang akan berbunyi secara bergantian selang 10 menit.
littlegirlemoticon
2.      Siapkan kendaraan
Penyiar sebaiknya menyiapkan kendaraan pada sore hari. Jangan sampai pas mau berangkat sepeda motornya malah mogok dan tidak bisa berangkat. Bensin juga harus diperiksa karena sebelumnya saya pernah kehabisan bensin dan tidak ada satu kios atau SPBU pun yang buka. *pengsan*
littlegirlemoticon
3.      Gosok Gigi
Memiliki gigi yang putih tidak akan menjamin teman anda bersiaran akan nyaman karena yang terpenting adalah bau mulut anda tidak bau naga. Bayangkan apa yang terjadi dengan teman anda bersiaran apabila bau mulut anda membuat ruangan berubah menjadi sangat tidak nyaman? Usahakan untuk menggosok gigi sebelum bersiaran ya?
littlegirlemoticon
4.      Jaket
Apabila jarak dari rumah ke tempat siaran lumayan jauh, anda bisa mengenakan jaket yang tebal ditambah dengan kaus kaki untuk melindungi tubuh anda dari udara dingin. Sesehat apa pun tubuh anda apabila tidak didukung oleh pakaian yang hangat, lama-lama bisa drop juga.
littlegirlemoticon
5.      Makanan dan Minuman
Anda harus makan lebih awal sebelum berangkat siaran karena sahur di dalam ruang bersiaran bukanlah pilihan yang tepat. Selain bisa mengotori ruangan, makan anda juga tidak akan khusyuk. *halah* makan sampai pakai acara khusyuk segala. Karena makannya lebih awal, sebaiknya menyiapkan makanan berupa buah dan minuman air putih. Ketika lagu sedang mengudara ada baiknya anda makan buah sambil minum air.
littlegirlemoticon
6.      Bahan Bersiaran
Menyiapkan bahan siaran sehari sebelumnya adalah sesuatu yang baik karena kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi keesokan harinya. Entah internet ngadat alias lelet atau malah blank karena mengantuk bisa jadi mengganggu konsentrasi anda untuk memikirkan apa yang anda bicarakan nantinya pada saat bersiaran.
littlegirlemoticon
7.      Tidur Cukup
Apabila anda butuh waktu tidur 6 jam sehari ada baiknya tidur lebih awal agar waktu tidur tidak berkurang. Mata mengantuk bukanlah keadaan yang baik untuk berkendara.
littlegirlemoticon
8.      Bangun Awal
Bangun lebih awal pastinya membuat anda lebih siap untuk bersiaran. Anda tidak terburu-buru untuk mendatangi tempat bersiaran. Selain berkendara terlalu laju berbahaya untuk keselamatan kita, terlalu laju juga membuat suhu udara menjadi lebih dingin.
littlegirlemoticon
9.      Senjata
Terakhir untuk anda yang akan bersiaran dini hari ada baiknya membawa benda yang bisa digunakan sebagai senjata untuk menghadapi orang jahat. Selalu berpikiran baik memang bukanlah hal yang buruk, tapi sekali-kali kita harus siap menghadapi segala kemungkinan.
littlegirlemoticon
Semoga dengan sembilan kiat yang saya berikan membuat anda bisa bersiaran dengan baik diacara sahur. Acara sahur adalah satu-satunya acara yang tidak perlu dibawakan dengan tubuh yang segar setelah mandi dan penampilan yang menarik. Saya setiap bersiaran tidak pernah mandi dan mengenakan celana kain dan sweater yang tebal agar jauh dari yang namanya dingin. Ternyata dengan bersiaran sahur seperti ini membuat saya tidak malas bangun sahur lagi lo… biasanya suka bangun pas dekat imsak, sekarang sebelum pukul 3 malah sudah harus berangkat. Jarak dari rumah saya yang terletak di Jalan Parit Haji Husien I (satu) yang lebih akrab disebut dengan Jalan Paris Satu hanya membutuhkan waktu tempuh tujuh hingga sepuluh menit. Bagaimana? Sudah siap untuk menjadi penyiar program sahur? 
littlegirlemoticon



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengetahui Orang Stalking Twitter Kita, Siapa Stalkersmu?

Siapa yang sudah menggunakan jejaring sosial yang satu ini? Sudah punya banyak temankah di sana? Mention bagaimana? Banyak juga yang hadir setiap harinya? Atau kadang merasa 'twitter' itu mirip dengan kuburan karena bingung mau ngapain aja di sana. Banyak memang orang yang pada awalnya kebingungan menggunakan twitter. Apa yang sebaiknya dilakukan. Apa yang sebaiknya ditulis. Akun seperti apa yang sebaiknya diikuti. Semuanya sebenarnya kembali lagi ke pribadi masing-masing ingin menggunakannya seperti apa. Karena konsekuensinya juga ditanggung diri masing-masing. Apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai. Lama-lama, alah bisa karena biasa akan berlaku. Sebab memang kalau sudah sering membaca lini masa dan sudah mengikuti banyak akun. Kita akan menemukan pola ngetwit kita sendiri. Meskipun demikian, bukan itu yang ingin dibahas dalam tulisan ini. Saya rasa banyak yang penasaran dengan cara mengetahui orang yang stalking akun twitter kita. Orang yang melakukanny

Hati-Hati Belanja di Tokopedia Pakai AnterAja

Selama ini saya selalu puas belanja di berbagai marketplace yang ada di Indonesia termasuk di Tokopedia. Karena selama ini pengirimannya yang saya gunakan ya itu-itu saja. Kalau nggak JNE ya JNT. Pernah juga menggunakan SiCepat. Sudah lama sekali tidak berbelanja di Tokopedia dan saya bulan ini ingin beli kamera dan di Tokopedia saya menemukan kamera yang saya inginkan.  Prinsip saya begitu order langsung bayar supaya barang cepat sampai. Saya tidak sadar kalau pengiriman yang default di aplikasi adalah ekspedisi AnterAja. Tidak pernah menggunakan dan baru dengar. Karena saya pikir memang AnterAja melayani sampai ke Pontianak ya nggak ada masalah dengan pengirimannya. Sampai akhirnya saat tulisan ini saya posting, paket kamera yang saya beli tak kunjung sampai. Googling sana-sini. Buka twitter buat komplain hingga akhirnya menemukan banyaknya orang yang komplain dibandingkan puas dengan layanannya dan bahkan review di google juga jelek. Banyak sekali yang memberikan bintang satu. Terma

4 Kerugian Bisnis di Oriflame

Banyak sekali kerugian yang bisa kita dapatkan ketika kita memulai sebuah bisnis, terutama Oriflame. Selama ini banyak dari kita yang memikirkan keuntungan dari bisnis Oriflame tanpa tahu bahwa banyak sekali kerugian tersembunyi yang bisa kita alami saat memulai bisnis di Oriflame. Oriflame memang banyak sekali yang telah membuat orang lain sukses secara finansial. Saya sendiri juga merasakan keuntungan dari bisnis Oriflame ini, sebab setiap bulannya saya selalu mendapatkan keuntungan berupa bonus yang ditransfer ke rekening saya. Sehingga saya dapat mengatakan bahwa karier saya sekarang di Oriflame, itu sebabnya saya akan lebih banyak menuliskan tentang bisnis Oriflame di blog ini dibandingkan menulis review untuk brand lain. Oriflame membayar saya lebih banyak dibandingkan brand mana pun. Dibayar bukan karena memuji ya tapi karena saya jualan produknya. Hahahaha... Sudah tahu kerugian apa yang kita dapatkan saat memulai bisnis di Oriflame? Berikut saya jabarkan satu perrs