Bujang Dare?


Sumber gambar di sini.

Istilah ini sempat membingungkan pengunjung yang mampir ke blog saya. Pada bingung dengan sebutan Bujang Dare. Apa sih Bujang Dare itu sebenarnya? Saya sangat mahfum ya karena kebanyakan blogger yang saya temui di jagat internet raya ini adalah notabenenya orang Jawa. Saya sampai berpikir, orang Jawa hebat ya pada ngeblog. Saya hanya menemukan blogger yang bukan orang Jawa itu dalam jumlah yang bisa dihitung dengan jari sebelah tangan. Termasuk saya. Walaupun banyak yang bilang wajah saya mirip orang Jawa. Padahal sama sekali tidak ada darah Jawa dan sempat kelimpungan ketika jalan-jalan sendirian ke pulau Jawa. Sekali lagi sendirian. Tanpa teman dan kenalan di kota yang saya datangi.


Bayangkan! Saya harus mendengar bahasa Jawa 24 jam dan saya sama sekali tidak paham. Sempat pusinggg berat walaupun kemudian saya bisa beradaptasi sebagai penyimak dan pada akhirnya saya tetap harus bilang: “Maaf saya bukan orang Jawa, tadi bilang apa?”

Waktu itu saya yakin seyakin-yakinnya wajah saya terlihat sangat tidak mendukung ucapan saya.

Pastinya istilah Bujang Dare ini tidak familiar untuk orang Jawa. Kebanyakan tahunya Mas Mbak atau Abang None. Apalagi Abang None itu istilah yang selalu kita liat di televisi. Sebenarnya Bujang Dare itu sama saja dengan Abang None. Itu adalah istilah untuk cowok dan cewek dari Pontianak. Bujang berati cowok dan dare berarti cewek.
Share:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes