Langsung ke konten utama

6 Tampilan Blog yang Lebih Ringan

     Siapa bilang sebuah blog itu tampilannya harus terlihat seperti yang diinginkan oleh sang pemilik blog. Baru-baru ini ada enam tampilan blog pada blogger yang bisa digunakan oleh pengunjung apa pun template yang digunakan pemilik blog tersebut. sering kali kita mengeluhkan sebuah blog yang pada saat mau dibuka sudah menggunakan waktu yang sedemikian panjang untuk menampilkan blognya secara sempurna.

Beberapa alasan yang membuat sebuah blog terlampau berat sebagai berikut.

  1.       Widget yang berlebihan (jam, kalender, dan sejenisnya)
  2.       Header berat (memenuhi layar pengguna)
  3.       Terlalu banyak banner (sampai bingung di mana kotak postingannya)
  4.       Background terlalu besar ukurannya (gambarnya tidak menggunakan pattern)
  5.       Template yang digunakan memang berat
  6.    .  Memasang lagu di blog (selain mengganggu ini juga membuat blog jadi berat)


Banyak orang berpikir sebuah blog paling penting adalah nilai keindahannya. Tidak kita pungkiri kita bisa jadi pernah mengalami masa-masa menjadi blogger ababil yang tidak memperhitungkan kenyamanan pengunjung saat berselancar di blog kita. Akibatnya blog mulai sepi pengunjung. Bisa jadi tulisan adalah modal utama seorang blogger untuk melakukan interaksi dengan pengunjungnya, sayangnya, kecepatan blog juga penting untuk memberikan kesan blog tersebut ramah pengunjung.

Tulisan sebaik apa pun, sebagus apa pun, apabila kesan pertama pengunjung adalah blog tersebut susak diakses karena beratnya, siapa yang sadar dengan tulisan menarik yang Bujang Dare tampilakan. Tahu kenapa google bisa menjadi mesin pencari nomor satu di dunia? Bandingkan dengan tampilan mesin pencari lainnya. Google sangat ramah pada penggunanya. Secara tidak langsung itulah kesan yang akan didapatkan pengguna saat membuka tampilan google.

Di blog Honeylizious ini pun, penulis sudah berusaha untuk tidak menggunakan widget secara berlebihan, bahkan telah meniadakan header, menghilangkan verifikasi kata untuk kotak komentar, beberapa postingan tidak ada gambarnya, tidak menggunakan template dari shabbyblogs (ini juga sangat memberatkan), menggunakan template bawaan dari blogger, dan telah menghapus pointer unyu yang sempat mengganggu pengunjung.

Tujuan menulis tentunya ingin dibaca. Apa gunanya seorang blogger menulis lalu tidak ada yang baca? Lebih baik menulis di sebuah diary yang ada gemboknya setelah penuh dikubur di dalam tanah atau dibuang ke laut dan kuncinya ditelan. Baiklah itu terlalu kasar.

Intinya demikian. Blog yang berat adalah blog yang sangat sombong. Penulis selalu menerima kritik untuk perbaikan blog Honeylizious ini karena tujuan penulis menuangkan tulisannya untuk berbagi informasi kepada pengunjungnya. Bayangkan betapa mubazirnya sebuah tulisan yang informatif tapi tidak bisa dibaca karena akses ke blognya lama kemudian pengunjung memutuskan untuk meninggalkan blog tersebut.

Ternyata google sangat menyadari bahwa template blogger yang terlalu mudah untuk diedit bahkan oleh pemula menyiapkan beberapa tampilan yang bisa digunakan pengunjung di semua blog milik google (baca: blogger/blogspot).

Inilah tampilan yang bisa digunakan oleh pengunjung pada blog di blogspot.

1.      Tampilan Mobile
Wordpress memang lebih dulu menyediakan tampilan mobile secara otomatis pada blog mereka. Bahkan apabila blog wordpress akan otomatis menjadi tampilan ponsel apabila diakses melalui perangkat seluler. Contohnya: http://www.honeylizious.wordpress.com/ menjadi http://m.honeylizious.wordpress.com.
Banyak blogger kemudian memilih hosting di wordpress karena kemudahan ini dan wordpress terkesan lebih ramah pengunjung. Gampang diakses karena lebih ringan. Bagaimana dengan blog milik google?

Ada cara yang mudah untuk melihat sebuah blog melalui ponsel dengan menampilkan blog tersebut menjadi blogger mobile. Caranya? Menambahkan karakter: ?m=1 pada alamat blog yang ingin diakses. Contohnya: http://www.honeylizious.com/ menjadi http://www.honeylizious.com/?m=1.

Penampakannya seperti ini.

 

Apabila tampilan mobile tersedia untuk blogspot ternyata google tidak berhenti sampai di sana. Ada lima tampilan desktop yang tersedia untuk blogger. Bisa diakses melalui google chrome, opera, firefox, dan yang lainnya asalkan edisi terbaru atau sudah diupgrade.

2.      Tampilan Flipcard


Tampilan tiap entri akan seperti kartu gambar yang bisa bergerak bolak-balik. Di depan apabila postingannya menyediakan gambar akan menampilkan gambar dalam ukuran yang sama dengan kartu yang lainnya. Kemudian pengunjung bisa menyentuhkan pointer ke gambar mana saja dan gambar tersebut akan bergerak membalik menampilkan judul dan komentar yang masuk.

3.      Tampilan Mozaic


Mozaic menampilkan gambar dengan ukuran yang tidak beraturan dengan tampilan flipcard. Apabila pointer di dekatkan makan kotak postingan akan membesar dan memunculkan judul postingan tersebut.

4.      Tampilan Sidebar


Tampilan ini sendiri lebih mirip dengan blog Honeylizious. Di bagian kiri tersedia judul postingan dan jumlah komentar yang masuk.

5.      Tampilan Snapshot


Mirip dengan flipcard dan mozaic. Ukuran gambarnya sama dan apabila didekatkan pointer ke satu entri, maka entri tersebut akan membesar dari entri yang lain.

6.      Tampilan Timeslide

Terakhir tampilannya mirip dengan lini masa twitter yang diakses melalui tweetdeck atau seesmic.

Bujang Dare merasa suka dengan blog ini tapi rasanya terlampau berat untuk diakses? Sudah sering berkunjung ke sini dan tidak membutuhkan hal lain selain postingan dari penulis? Silakan gunakan 6 tampilan yang telah disediakan google untuk blog ini. 

Tampilan yang tersedia tersebut bisa diakses oleh pengunjung apabila pemilik blog mengaktifkan tampilan mobile dan dinamis. Tambahkan alamat tampilan yang sesuai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengetahui Orang Stalking Twitter Kita, Siapa Stalkersmu?

Siapa yang sudah menggunakan jejaring sosial yang satu ini? Sudah punya banyak temankah di sana? Mention bagaimana? Banyak juga yang hadir setiap harinya? Atau kadang merasa 'twitter' itu mirip dengan kuburan karena bingung mau ngapain aja di sana. Banyak memang orang yang pada awalnya kebingungan menggunakan twitter. Apa yang sebaiknya dilakukan. Apa yang sebaiknya ditulis. Akun seperti apa yang sebaiknya diikuti. Semuanya sebenarnya kembali lagi ke pribadi masing-masing ingin menggunakannya seperti apa. Karena konsekuensinya juga ditanggung diri masing-masing. Apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai. Lama-lama, alah bisa karena biasa akan berlaku. Sebab memang kalau sudah sering membaca lini masa dan sudah mengikuti banyak akun. Kita akan menemukan pola ngetwit kita sendiri. Meskipun demikian, bukan itu yang ingin dibahas dalam tulisan ini. Saya rasa banyak yang penasaran dengan cara mengetahui orang yang stalking akun twitter kita. Orang yang melakukanny

Hati-Hati Belanja di Tokopedia Pakai AnterAja

Selama ini saya selalu puas belanja di berbagai marketplace yang ada di Indonesia termasuk di Tokopedia. Karena selama ini pengirimannya yang saya gunakan ya itu-itu saja. Kalau nggak JNE ya JNT. Pernah juga menggunakan SiCepat. Sudah lama sekali tidak berbelanja di Tokopedia dan saya bulan ini ingin beli kamera dan di Tokopedia saya menemukan kamera yang saya inginkan.  Prinsip saya begitu order langsung bayar supaya barang cepat sampai. Saya tidak sadar kalau pengiriman yang default di aplikasi adalah ekspedisi AnterAja. Tidak pernah menggunakan dan baru dengar. Karena saya pikir memang AnterAja melayani sampai ke Pontianak ya nggak ada masalah dengan pengirimannya. Sampai akhirnya saat tulisan ini saya posting, paket kamera yang saya beli tak kunjung sampai. Googling sana-sini. Buka twitter buat komplain hingga akhirnya menemukan banyaknya orang yang komplain dibandingkan puas dengan layanannya dan bahkan review di google juga jelek. Banyak sekali yang memberikan bintang satu. Terma

Menulis 500 Kata

Sekarang sepertinya harus bekerja lebih keras lagi. Saya banyak sekali menulis artikel yang terlampau pendek. Bahkan banyak sekali postingan yang hanya berisikan gambar. Kalau hanya seperti itu saya yakin banyak orang yang akan bisa membuat postingan jauh lebih banyak dari yang saya bisa lakukan. Jadi sekarang sepertinya saya harus mengubah tantangannya menjadi lebih menarik. Saya harus menulis setidaknya 500 kata untuk setiap artikel yang saya buat. Supaya lebih terasa menantang dan saya tak hanya sambil lalu lagi mengupdate blognya. Sebab akhir-akhir ini ketika menyelesaikan jumlah postingan saya akhirnya suka mengambil beberapa gambar yang sudah saya unggah di instagram dan memasukkannya ke blog menjadikannya satu postingan. Padahal hanya diikuti satu dua kata saja. Bahkan pernah tak ada tulisan apa-apa. Memang menulis 10 postingan sehari bukanlah hal yang mudah untuk membagi waktu dengan persiapan pernikahan. Tapi tantangan memang harus dibuat seberat mungkin bukan? Bukan