13 Juni 2011

SMS DI ATAS MOTOR (BISA JADI NGETWIT, NGESBUK, POKOKE ONLINE)

stop penggunaan ponsel di jalan raya
Ini adalah fenomena alam.

Ini adalah dampak negatif murahnya tarif SMS-an dan perang bonus SMS dari banyak operator.

Ini adalah dampak mewabahnya virus online.

Ini adalah dampak dari anak-anak yang pengen tetap eksis.


Awalnya orang-orang yang memiliki hobi mengendarai motor sambil SMS-an tidak begitu mengganggu karena status saya masih sebagai penumpang. Sering kali saya melihat baik itu cewek maupun cowok mengetik SMS dengan tangan yang kiri sedangkan tangan kanan memegang stang gas di kanan. Mereka menyalahi aturan. Ingin sekali menegur mereka. Asal mereka tahu, akibat yang bisa mereka timbulkan itu lebih banyak dampak negatifnya yaitu seperti di bawah ini.

1. Kecelakaan lalu lintas
Bayangkan kalo pada saat mereka hanya bertahan dengan satu tangan untuk mengendarai sepeda motor terus bertemu dengan jalan yang berlubang, sepeda motor oleng dan jatuh. Ini memang berbahaya pastinya untuk mereka. Tapi jangan lupa efek kartu domino. Pengendara di belakang bisa ikut celaka apabila tidak bisa mengendalikan laju kendaraannya karena jatuh yang mendadak itu.

2. Jadi korban tindak kriminal
Kalo SMS-annya pake hape yang harga jualnya udah nggak sampe 100 ribuan sih mungkin nggak akan menarik minat jambretters untuk menjangkaukan tangannya pada handphone anda. Tapi kalo SMS-an menggunakan hape yang akan terjual ke penadah lebih dari satu juta. Bahkan berjuta-juta, sebentar lagi anda akan benar-benar kehilangan hape yang setia nempel di tangan kiri anda selama mengendarai kendaraan bermotor.

3. Membuat orang yang melihat anda was-was dengan keselamatan anda dan dirinya
Anda bisa bilang anda akan aman selama di jalan raya walaupun sambil SMS-an. Bisa jadi sih anda memang pengendar a ulung yang sudah mahir banget SMS-an sambil mengendarai motor karena sudah sering melakukannya. Tapi orang-orang sekitar anda tetap akan cemas melihat perilaku menyimpang anda.

4. Polisi akan menangkap anda
Perilaku seperti ini adalah perilaku yang menyimpang dan harusnya memang dianggap menyalahi aturan. Untungnya sudah ada peraturan yang mengatur tentang pengemudi yang nakal seperti ini. Razia! Razia! Tangkap dan jebloskan ke penjara (nah Lo! Esmosi jadinya nih)!
Kalo polisi menangkap anda, ini bukan dampak negatif untuk kami. Melainkan berita baik. Berkurang lagi orang-orang yang seharusnya tidak mengemudi dan sibuk dengan handphonenya. Tapi pastinya ini berita buruk untuk anda. Hahahahhaha….


Saran saya, berhentilah sejenak untuk mengecek SMS ataupun panggilan masuk di handphone anda. Kalo bisa lebih aman kenapa harus menempuh bahaya yang mengancam tidak hanya nyawa anda tapi juga nyawa orang lain?

Related Posts

SMS DI ATAS MOTOR (BISA JADI NGETWIT, NGESBUK, POKOKE ONLINE)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).