SIAPA BILANG MENULIS ITU GAMPANG?

menulis dan membaca

Gambar pinjam di sini

Sebelumnya saya telah menuliskan beberapa tips untuk mempermudah seseorang belajar menulis. Saya katakan belajar karena saya sebagai pemberi tips saja masih belajar menulis setiap hari. Terus ada apa dengan judul tulisan saya kali ini?


Memang nggak gampang kok untuk menjadi penulis!

CAMKAN ITU!

Butuh kerja keras, ketekunan, motivasi, dan latihan.

Saya tidak akan menambah sesuatu yang sulit ini menjadi rumit. Empat proses itu sebenarnya bisa dilalui dengan mudah karena kuncinya ada dua. Membaca dan menulis. Dua hal tersebut memang tidak bisa dipisahkan.

Kamu harus rajin membaca!
membaca
(gambar nyomot di mari)

Kamu harus rajin menulis!

Banyak yang akan mengatakan saya bisa berbicara seenaknya tentang cara menulis karena saya kuliah di Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Lantas apakah pendidikan itu pasti menjamin lulusannya bisa menulis? Tidak sodara-sodara! Banyak diantara teman saya yang sama sekali tidak suka membaca apalagi menulis. Dia pasti akan mengatakan itu pekerjaan yang sia-sia. Teman-teman saya memilih jurusan yang sama dengan saya bukan dalam satu misi yang sama pula.

Saya memilih bahasa sebagai pendidikan saya karena saya suka membaca dan menulis. Saya selalu merasa ada yang kurang dengan hasil tulisan saya. Rasanya pembenaran itu masih jauh. sedangkan teman-teman saya (mereka tidak salah untuk memilih alasan) kuliah di jurusan yang sama karena mereka ingin menjadi PNS.

Hidup adalah sebuah pilihan. Apa pun pilihanmu selama itu bukan kriminal rasanya tidak akan menjadi masalah.

Dulu, jaman saya masih belajar membaca, saya melihat orang di sekitar saya setiap hari membaca. Membaca apa saja yang mereka bisa. Bahkan koran bekas bungkus terasi saja nenek saya baca. Biar pun sekilas, saya tahu satu hal, membaca itu menyenangkan. Lalu saya membaca majalah anak-anak yang isinya banyak sekali cerita dongeng. Saya lantas mencoba membuat jiplakan versi saya sendiri. Saya nyontek-nyontek cerita kemudian membuatnya menjadi cerita dalam imajinasi saya yang lebih liar.

Lama-kelamaan saya akhirnya bisa menuangkan ide saya sendiri dalam bentuk tulisan tanpa proses penjiplakan.

Sampai sekarang saya telah belajar semua proses untuk menjadi penulis sepanjang 20 tahun.

Masih ada yang bilang menulis itu gampang?

Menulis memang tidak gampang tapi juga tidak sesulit yang kamu bayangkan.

Menulis status di facebook aja bisa, masa’ nulis postingan nggak bisa. Padahal aturan dalam postingan di blog nggak ada yang mengatur musti bagaimana..

Blog itu kan blog pribadi. Penerbit dan penulisnya adalah kamu sendiri. Harusnya tidak ada yang bilang nggak bisa. Lalui saja prosesnya dan saya yakin siapa pun bisa melakukannya.

Keep blogging!

Happy writing!
Share:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes