11 Juni 2011

SAPARDI, LEMBU YANG PUNYA SUSU, SAPI YANG PUNYA NAMA

sapardi djoko damono

Nah loe, makin lama postingan di blog ini judulnya makin aneh-aneh aja. Jangan aneh-aneh deh Hani. Kkkkkkk…. :D

Apa hubungannya coba Sapardi dengan susu? Bahkan penghasil dan pemilik mereknya sekalipun. Postingan aneh!


Tidak! Tidak! Saya tidak sedang membuat sesuatu yang aneh sodara-sodara. Saya hanya ingin berbagi sesuatu tentang Sapardi Djoko Damono. Saya mendengar curhat beliau pada saat diundang ke kampus saya. Saya tidak pernah membayangkan sebelumnya saya akan bertemu dengan sosok yang sangat saya kagumi tersebut. Yah… dibanding ketemu dengan artis saya sangat senang bisa bertemu beliau. Sosoknya sangat menyenangkan dan mirip dengan kakek saya. Lagi-lagi saya selalu ingin menangis menceritakan tentang diri saya yang sangat suka dengan sosok kakek. Laki-laki tua adalah kenangan terindah buat saya. Setiap kali melihat sosok laki-laki yang rambutnya mulai memutih saya pasti akan langsung menyukainya. Tidak ada cowok ganteng mana pun yang akan mampu mengalihkan perhatian saya dari sosok seorang kakek. Huhuhuhuu *berlinang air mata*….

Saya sangat menyukai puisi Sapardi Djoko Damono. Saya paling suka puisi ‘Aku Ingin’. Saya bahkan menghapalnya. Ironisnya adalah ketika banyak orang membaca karya beliau, terutama puisi, semua tidak akan mengira bahwa itu adalah karya Sapardi Djoko Damono. Ada beberapa orang yang mengira itu adalah karya Kahlil Gibran. Seperti yang beliau pernah ceritakan.

“Saya tidak pernah marah orang menggunakan puisi saya untuk ditulis dan dipajang di media apa pun. Saya hanya minta tolong dicantumkan nama saya sebagai penulis puisi tersebut.”

Dari banyak puisi yang beliau tulis, puisi ‘Aku Ingin’ memang sering digunakan orang diberbagai undangan pernikahan. Entah sudah berapa banyak, ratusan atau ribuan, undangan yang mencantumkan puisi tersebut. Alih-alih mencantumkan nama Sapardi Djoko Damono, yang terpampang malah nama Kahlil Gibran.

Ini sama seperti pepatah yang mengatakan


Lembu yang punya susu, sapi yang punya nama.

Related Posts

SAPARDI, LEMBU YANG PUNYA SUSU, SAPI YANG PUNYA NAMA
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).