29 Juni 2011

Nugget Kedelai

Sumber gambar di sini



Saya sejak remaja memang suka sekali memasak. Orang-orang di sekitar saya juga banyak yang bilang, saya memang berbakat memasak. Dari bermacam-macam kue hingga lauk pauk, saya bisa membuatnya. Apalagi sebagai perempuan Sambas saya harus bisa memasak sebagai bukti bahwa saya sudah siap untuk dipersunting. Walaupun sampai saya mahir memasak belum ada satu lelaki pun yang melamar saya.




Baru-baru ini di rumah kontrakan saya yang terdiri dari tiga buah kamar semakin ramai dengan kedatangan dua saudara saya. Ada kakak sulung dan adik bungsu saya. Adik saya yang baru berusia 5 tahun beberapa bulan itu rencananya akan bersekolah di sini (Pontianak) jadi kakak saya ikut datang untuk menjaganya dan membuka usaha makanan juga di sini.

Setiap pagi kakak sulung saya selalu menyiapkan susu kedelai untuk sarapan. Susu ini dibuat sendiri di rumah sehingga ada ampas kacang kedelai yang tersisa. Ampas ini biasanya tidak terpakai. Nah karena saya ingin membuat gorengan dari kacang ini saya mencoba resep karangan sendiri.

Sebutir telur saya kosok dengan sesendok makan masako dan saya cincang beberapa batang daun bawang dan daun sop. Kemudian saya campurkan sedikit tepung di dalam adonan telur, masako, daun bawang, daun sop, dan ampas kedelai sisa membuat air tahu.

Adonannya tidak terlalu kental tidak pula terlalu encer. Lalu saya goreng sesendok demi sesendok hingga kuning kecoklatan. Siap disajikan dengan saos pedas. Ternyata gorengan ini mirip dengan nugget dan teksturnya sedikit lebih kasar dari tahu.

Mau coba? Ayo buruan bikin air tahu sehingga mendapatkan ampas kedelai yang bisa dibuat gorengan.

Related Posts

Nugget Kedelai
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).