20 Juni 2011

Ligyrophobia


Baiklah, akhirnya saya menulis tentang kekurangan saya yang selama ini saya sembunyikan. Saya juga baru tahu nama ilmiahnya. LigyrophobiaFobia  sendiri adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal (ini dapet dari wikipedia). Sedangkan ligyrophobia sendiri adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada suara yang keras atau nyaring.


Ini sudah lama berlangsung. Sejak saya berumur beberapa tahun, waktu itu belum sekolah, saya memang sudah takut dengan suara yang terlalu keras. Padahal sekarang saya bekerja di sebuah radio swasta sebagai penyiar, bagaimana mungkin seorang yang fobia dengan suara menjadi penyiar? Keajaiban mungkin.

Baiklah, saya ingin menceritakan ihwal mulanya saya berada dalam deretan pelaku fobia ini.

Pada zaman dulu kala… STOP!

Iya kita bukan mendongeng ya? Maaf terbawa suasana, maklum habis menang lomba mendongeng kemarin di Indonesia Bercerita.

Dulu, seingat saya umur saya waktu itu masih tiga tahunan. Saya sudah tinggal bersama nenek saya di Bakau, Jawai Utara. Ternyata saya sangat takut dengan satu alat musik dalam grup tanjidor. Nah yang saya takutkan adalah benda bulat di gambar ini yang dalam lingkaran merah.


Masalahnya adalah di desa saya tanjidor ini wajib ada ketika mengadakan pesta pernikahan. Saya sampai fobia untuk mendatangi pesta pernikahan orang di kampung. Karena saya akan menangis meraung-raung apabila benda ini lewat.

Terdengar bodoh ataukah ada yang mengalami hal serupa?

Apakah sampai di sana saja? Tidak sodara-sodara, saya juga fobia dengan alat musik yang disebut gong. Ada yang serupa yang kecil-kecil juga saya takut. Pokoknya yang berbahan dasar sama. Saya sangat takut. Jujur, sampai sekarang saya masih sangat takut mendengarnya apabila terdengar dengan suara yang keras.

 
Saya juga suka fobia ke bioskop, dulu sih. Beberapa tahun terakhir saya sudah mulai berani buat nonton di sana. Walaupun berbekalkan headset, takut saya tidak tahan mendengar sound system di ruangan tersebut. jadi saya menimpa kuping saya dengan suara lain agar suara sound systemnya tidak terdengar menakutkan.

Saya semakin takut apabila berada di ruangan yang ada sound systemnya dan suaranya menggema. Jantung saya akan berdetak sangat cepat, keringetan, dan saya ingin segera berlari menjauh dari tempat tersebut.

Itu adalah fobia saya yang masih kadang-kadang mengganggu saya. Tapi sekarang saya mulai bisa menahan tangisan, kalau dulu, saya akan berlari ke kamar, bersembunyi dan menangis. Siapa yang mau menyembuhkan saya dari fobia ini? Atau ada yang tahu caranya?

Related Posts

Ligyrophobia
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).