9 Juni 2011

Lady Gaga: Tuhan Tidak Pernah Salah ketika Menciptakan Manusia



Ada beberapa lagu yang bisa membuat saya termotivasi, tapi ada beberapa yang bukan dinyanyikan oleh penyanyi aslinya melainkan dinyanyikan oleh orang lain dengan caranya sendiri.

Kata-kata kalimatnya tetap sama sih.

Rasa yang terdengar ketika mendengarnya dari seorang anak kecil yang dengan penuh perasaanya menyanyikan lagu tersebut yang membuat saya terharu. Kenapa? Ada apa dengan lagu tersebut? Lagu siapa? Sabar… Tahan dulu…

Ini adalah lagu yang dinyanyikan seorang penyanyi besar. Superstar yang merajai industri musik dunia. Banyak yang berusaha menyanyikannya kembali tapi hanya satu cover yang membuat saya terharu. Seorang anak sekolah dasar yang bernama Maria Aragon. Percaya tidak percaya melalui video yang diunggah ke Youtube tersebut seorang Maria Aragon mendapat kesempatan untuk bernyanyi bersama superstar tersebut.

LADY GAGA!

Ini memang bukanlah berita baru karena kejadiannya sudah lewat beberapa waktu yang lalu. Tapi sampai sekarang saya masih sering menonton video tersebut ketika saya jatuh dan galau.

Seringkali dalam kehidupan ini kita sedih dan terluka. Kalimat motivasi apa pun kurang mempan untuk saya. Ada sesuatu yang lebih efektif. Nyanyian. Saya akan mencari lagu yang sesuai untuk membangkitkan kepercayaan diri saya kembali ketika saya dilukai.

Kalimat yang saya kutip dari lagu Born This Way-nya Lady Gaga yang dinyanyikan oleh Maria Aragon adalah:

My mama told me when i was young 
We are all born superstars 
She rolled my hair and put my lipstick on 
in the glass of her boudoir 
"There's nothin wrong with lovin who you are" 
she said, "'Cause he made you perfect, babe" 
"so hold your head up girl and you'll go far,  listen to me when i say" 

Dari potongan lirik ini saya merasakan sebuah kemerindingan karena saya merasakan suatu makna yang dalam di kalimat tersebut. Kenapa saya merinding? Ini adalah sebuah lagu yang mampu membuat saya termotivasi untuk melakukan sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya. Saya yakin saya bisa menjadi ‘super star’. Super star tidak hanya menjadi artis. Bagi saya Lady Gaga menulis lagu ini ingin meyakinkan semua orang di duni ini bahwa mereka berhak menjadi yang terbaik. Mereka bisa melakukannya karena pada saat seorang Lady Gaga lahir dia juga sama seperti kita.

Lady Gaga tidak membawa mikrofon waktu ia brojol dari rahim ibunya. Dia telanjang dan tak punya apa-apa, sama seperti bayyi lainnya. Lantas kenapa kita harus takut untuk bangkit lagi ketika mengalami masalah dan jatuh. Tuhan tidak pernah tidur. Secara fisik memang ada beberapa orang di dunia ini yang lebih indah dari orang lain. Tapi Tuhan tidak pernah salah ketika menciptakan sesuatu. Meskipun di mata kita ada orang yang abnormal ataupun cacat, sesungguhnya di mata Tuhan kita sama. Sempurna. Karena kita diciptakan oleh Tuhan yang sama.

Lady Gaga menegaskan hal tersebut melalui kalimat berikutnya:

i'm beautiful in my way 
'cause god makes no mistakes 
i'm on the right track baby 
i was born this way 

Tuh kan, tidak ada yang salah dengan penciptaan kita. Semuanya dilahirkan dengan cara yang Dia mau. Apabila ada yang menghujat kita karena kekurangan yang kita miliki karena kelahiran kita tinggal ucapkan saja padanya: Tuhan tidak pernah melakukan kesalahan dalam penciptaan, tapi kalian yang salah memandang hasil ciptaannya tersebut.

Dalem banget ya kalimat Lady Gaga bila dicermati dengan hati yang mau membaca.

Buat semua orang di luar sana yang merasa tersisihkan jangan pernah menyembunyikan dirimu dalam lautan kesedihan, karena Lady Gaga bilang lagi seperti ini:

don't hide yourself in regret 
just love yourself and you're set 
i'm on the right track baby

Cintailah dirimu apa adanya, seperti yang telah Tuhan ciptakan. Kenapa harus berkecil hati di dunia yang fana ini. Hidup adalah awal dari kematian yang merupakan kehidupan yang abadi. Jangan menyesali yang Tuhan berikan dan yang tidak Dia berikan.


Saya memang pernah jatuh kemudian terhalang untuk bangun dan menghadapi kenyataab. Banyak hal di dunia ini bisa membuat saya jatuh.


Tapi setiap kali saya bersedih karena dirundung masalah, saya akan menonton video ini dan mengingatkan diri saya. Semua masalah itu bukanlah racun yang akan mematikan saya melainkan vaksin yang Tuhan berikan agar saya imun terhadap masalah selanjutnya.


Maria Aragon dan Lady Gaga memang tidak pernah mengenal saya. Tapi melalui lagu ini saya mengenal mereka dan saya memilih jalan hidup saya lebih baik sekarang setelah mendengar liriknya lebih dalam.

Semua orang telah diberikan jalan kehidupan. Telah terbentang di atas muka bumi. Tuhan tinggal melihat, jalan mana yang akan kamu pilih. Jalan mana pun yang kamu tempuh akan mendatangkan hasil yang sesuai dengan pilihanmu.

Hidup ini memang masalah pilihan. Bergantung pada dirimu apakah kamu akan mensyukuri apa yang ada dan apa yang tidak ada. Yakinlah satu hal. Tuhan tidak pernah melakukan kesalahan. I was born this way.


Postingan ini dibuat sebagai keikutsertaan blog saya untuk kontes  GiveAway "Angka 100" yang diadakan di sini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive