Blog Contest

23 Juni 2011

Bukan Tutorial: Kenapa Favicon Saya Belum Berubah?


Sumber gambar di sini

Beberapa teman baru saya di dunia maya akhirnya pada menjejalkan pertanyaan ini kepada saya. Begini sodara-sodara tenang! Tenang! Jangan disobek blognya…
Tenang!
Duduk dulu… sini dekat Tante…
*maksudnya apa ini?*


Baiklah, saya curhat sajalah mengenai pengalaman saya sebelum saya menuliskan langkah-langkah untuk membuat favicon dan mengubah favicon blog Bujang Dare (baca: abang none, Mr. Ms.).

Beberapa hari sebelumnya saya juga mengalami yang namanya bingung. Kenapa Tan? (suara di belakang tiba-tiba nyeletuk)
 

Waktu itu saya sama sekali tidak punya tempat untuk bertanya. Soalnya saya merasa sudah menerapkan lagkah-langkah yang benar untuk mengubah favicon blog saya tercinta yang umurnya baru genap sebulan 3 minggu ini tapi ternyata faviconnya tidak berubah. Saya diam. Saya membiarkan blog saya begitu adanya. Karena saya pikir berubah atau tidak, bukanlah masalah yang besar walaupun sebelumnya saya sempat kesal juga.
 

Kemudian saya mampir ke beberapa blog lainnya. Akhirnya saya mendapati untuk mengubah favicon itu tidak butuh pengeditan html seperti pada beberapa tutorial yang saya dapatkan melalui gugel. Ada cara yang sangat mudah. Caranya telah saya tuliskan di Cara Menganti Favicon. Ingin tahu lebih lengkap bisa mampir ke postingan tersebut ya?


Waktu saya mencari tahu tersebut saya memang menemukan blog yang memberikan penjelasan dalam bahas Inggris jadi biar lebih mudah saya mencoba untuk membagi pengalaman saya mengubah favicon bahkan membuatnya dengan bahasa Indonesia. Hitung-hitung berbagi pengalaman biarpun ini adalah pengalaman kecil yang sederhana, siapa tahu ada yang bisa mengambil manfaatnya.



Terus balik lagi ke masalah favicon saya yang tak kunjung berganti ketika saya buka melalui chrome di lappy saya, saya mencoba melupakannya walaupun saya ingin sekali membuktikan bahwa saya bisa melakukannya sendirian tanpa mengharapkan bantuan blogger mana pun.




Ternyata ketika melalui opera mini di hengpong jadul saya, faviconnya sudah berubah kok. Ketika balik cek ke chrome masih logo ‘B’ (blogger). Berarti sudah berubah pikir saya waktu itu. Setelah beberapa hari akhirnya saya bisa melihat perubahannya di chrome saya. Apalagi banyak blogger lain yang tanya tentang favicon saya. Artinya memang tidak lagi logo blogger, melainkan sudah logo kue yang terlihat lezat itu. Hehehehehe…

Sumber gambar di sini


Buat yang sudah melakukan langkah-langkah untuk mengubah faviconnya dan ternyata belum terlihat. Sabar ya? Blogger sabar disayang pacar… ahahahaha…

Apabila tampilan di draft sudah seperti di bawah ini berarti sudah berubah kok.


Itu diperbesar ya? Tampilan normalnya seperti di bawah ini.



Followers

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive