Bukan Tutorial: Cara Membuat Favicon

Sumber gambar dari sini.


Menjawab pertanyaan teman seperjuangan saya yang cantik dan manis Si Armae yang kebingungan dengan cara membuat favicon sesuai keinginan saya harus membuat postingan ini. Tidak menyusahkan sih sebenarnya. Tapi sudah beberapa postingan saya buat yang isinya kayaknya tutorial ya? Tapi saya jamin ini bukan tutorial kok. Ini hanya jawaban pertanyaan. (padahal isinya tetap tutorial ya?)


Sebelumnya saya telah menjawab pertanyaan Kimi yang menanyakan bagaimana caranya mengganti favicon 'B' di blog ini dan menjadikan kue yang lezat bertengger di sana. Kenapa saya memilih kue? Karena ada yang bilang 'Honeylizious' itu terdengar lezat. Makanya jadi ada gambar makanan di sini.

Ingat ya? Sebelum membuat favicon kamu sudah memiliki gambar yang ingin dijadikan 'favicon' blog kamu.

Saya menggunakan gambar ini sebagai contoh.


Langsung saja, tidak berlama-lama ya?

Cara membuat favicon dari gambar yang kita inginkan langkah-langkahnya sebagai berikut. 



1. Masuk ke favicon.cc



Pilih 'impot image'. Untuk membuat favicon dengan gambar yang kita miliki kita tidak perlu mendaftar di situs ini. Langsung saja membuat favicon yang kita inginkan.

2. Kemudian pilih 'pilih berkas'


Ada dua pilihan hasil yang disediakan. Pilihan pertama 'keep dimensions' yang artinya hasil 'favicon' dari gambar kita sesuai dengan dimensi gambar yang kita unggah. Karena gambar yang ingin saya jadikan favicon menurut saya sudah seimbang antara tinggi dan lebarnya saya memilih 'keep dimensions'.

3. Selanjutnya buka berkas gambar yang ingin kita jadikan favicon tersebut.


4. Setelah itu unggah.


Tunggu beberapa saat.

5. Hasilnya seperti ini.



Jangan takut ketika melihat hasilnya pecah seperti ini karena ini ditampilkan dalam ukuran yang terlalu besar. Kita kan tidak membutuhkan gambar sebesar itu untuk logo blog. Sekarang saatnya mengunduhnya. Pilih download.

6. Akhirnya



Inilah hasil dari favicon yang telah kita buat tadi. Ingin tahu cara mengganti logo blogger (B) yang ada di samping alamat blog kita? Gampang kok. Klik Cara Mengganti Favicon.

Semoga postingan ini bermanfaat dan menjawab pertanyaan teman-teman blogger yang ingin membuat favicon dan menggunakannya sebagai favicon blognya.

Sekian.
Share:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes