Bukan Tutorial: Cara Mengganti Favicon


Favicon berasal dari kata favorit icon yang dikenal lebih mudahnya adalah ikon situs web. Logo istilah mudahnya. Setiap web punya logo tertentu yang menyimbolkan web tersebut. Biasanya untuk web atau blog yang menggunakan mesin blogger logo yang muncul di browser address bar adalah logo ‘B’.


Sebenarnya ada beberapa tutorial yang memberikan petunjuk untuk mengganti favicon dengan mengedit html blog kita. Sayangnya saya gagal membuat favicon itu berganti. Namanya juga menggunakan bahasa html. Untuk seorang pemula yang memiliki blog ini belum genap dua bulan rasanya ini adalah hal yang sangat memusingkan. Akhirnya saya menyerah. Hingga akhirnya saya mendapati blogger telah berkembang lebih jauh dari sebelumnya. Sekarang pemilik blog bisa masuk ke dashboard melalui draft blogger.

Memangnya kelebihannya apa?

Di sinilah letak istimewanya. Melalui dashboard yang ini kita bisa mengganti logo web atau blog kita. Jadi tidak menggunakan logo ‘B’ lagi.
Caranya bagaimana kakak? Sebelumnya kamu harus punya logo yang ingin kamu gunakan untuk mengganti logo ‘B’. kamu bisa ambil atau bikin di sini
Langkah berikutnya seperti di bawah ini.
1.      Langsung masuk saja ke draft blogger.

2.      Pilih dashboard.


3.      Setelah itu pilih layout.



4.      Lalu pilih ‘edit’ di bagian ‘favicon’.


5.      Pilih berkas favicon kamu.


6.      Ambil favicon yang telah tersimpan di komputer kamu.



7.      Simpan.



8.      Kemudian di bagian bawah layout pilih ‘save arrangement’.

9.      Selesai.


Untuk informasi teman-teman yang ingin tahu statistik blognya bisa pilih ‘stats’. Nah, bisa pilih informasi apa saja yang ingin ditampilkan. Jadi tidak perlu jauh-jauh ke google analytics.
Sekian.

NB:

Apabila logonya ternyata tidak berubah jangan panik. Asal logo yang di http://draft.blogger.com-nya sudah berubah, biarkan saja. Tidak usah pusing lagi. Karena sebelumnya logo saya juga tidak muncul selama beberapa hari. Logo kue yang saya miliki ini. Tapi pas saya melakukan pengecekan via opera mini ternyata logonya berubah. Setelah beberapa hari barulah saya bisa melihat logo ini di google chrome. Jadi setelah mengedit faviconnya jangan langsung berharap berubah detik itu juga. Sabar. Kalau tidak sabar, cek menggunakan opera mini saja atau menggunakan firefox atau opera. Siapa tahu terlihat detik itu juga.

Selamat mencoba.
Share:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes