16 Juni 2011

5 TANDA POSTINGAN KAMU MENARIK

blogger

Sebenarnya saya ingin menulis tentang tanda-tanda bahwa blog kamu itu menarik bagi pembaca. Sayangnya saya tidak percaya diri untuk mengulas tentang hal tersebut. Malu kalo ternyata saya salah dalam menyimpulkan sesuatu.

Nah berikut adalah tanda-tanda yang bisa kamu gunakan untuk memeriksa apakah postingan kamu itu menarik atau tidak. Sebenarnya tidak semuanya bisa dijadikan acuan.. tapi tidak ada salahnya kamu menginvestigasi sampai sejauh mana kemenarikan postingan kamu.

1. Mendapat banyak komentar yang pro dan kontra.
Sesuatu yang menarik akan mendapat keduanya sekaligus. Postingan yang hanya menerima komentar yang baik memang menyenangkan. Tapi apakah lantas orang yang pernah meninggalkan komentarnya di sana akan kembali untuk membalas komentar yang juga menyetujui? Bisa dikatakan postingan kamu hanya enak sekali baca. Mereka tidak akan mengulang kegiatan membacanya berulang kali. Bahkan tidak akan mengundang pembaca yang lain. Sebaliknya apabila ada yang pro dan kontra di satu postingan percayalah orang yang sama akan memberikan komentar lagi untuk mempertahankan pendapatnya. Setuju atau enggak saya memang merasakannya. Saya pernah menulis postingan seperti itu.

2. Mendapat rating yang menyenangkan dan tidak menyenangkan dalam satu waktu.
Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa postingan kamu keren. Kemudian ada juga yang meninggalkan postingan tersebut ddengan rating yang minus. Lantas apakah menurut kamu rating yang sama menandakan postingan kamu menarik? Yakin postingan kamu dibaca sampai habis? Percayalah, pembaca postingan yang sejati adalah orang yang mau meninggalkan komentar yang tidak menyenangkan. Bayangkan, dia tidak setuju dan tidak suka dengan ulasan kamu. Tapi dia masih berbaik hati untuk memberikan rating dan komentar. Kalo memang tulisan kamu tidak menarik, percayalah, tak ada yang akan memberikan apa-apa.

3. Postingan kamu direview di beberapa postingan lain.
Tulisan kamu diulas oleh orang lain di blognya. Sudah dapat dipastikan memang ulasan yang kamu berikan ia rasa pantas untuk dijadikan acuan mengembangkan tulisan yang ingin ia posting.

4. Postingan kamu di copy-paste di blog orang.
Ini bisa jadi anugerah tapi bisa juga jadi bencana. Bayangkan tulisan kamu dicopas tanpa mencantumkan sumber tulisan tersebut. Itu namanya plagiat… hehehe... Tapi kalau kejadiannya begini artinya tulisan kamu menarik dong ya? 

5. Mendapat hate e-mail
Saya pernah mengalaminya hanya dalam waktu tiga hari. Bahkan postingan saya ada yang baru berusia beberapa jam kemudian mendulang komentar pedas dan manis berjumlah puluhan bahkan ratusan. Kemudian puncaknya saya mendapatkan e-mail yang membahas tentang postingan tersebut. Sedemikian menariknya-kah postingan saya? Entahlah…

Ini adalah pendapat saya. Bukan tolak ukur yang sebenarnya.

Related Posts

5 TANDA POSTINGAN KAMU MENARIK
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).