Langsung ke konten utama

10 TANDA-TANDA ORANG NGGAK MAU DIAJAK CHAT VIA FB

do not disturb
Sebelumnya saya sudah memberikan 10 daftar pertanyaan yang mungkin akan membuat kamu dihapus dari friendlistnya seseorang yang kamu ajak chat.

Sebagai catatan aja ya guys… saya memiliki orang yang sangat saya kagumi di FB. Kagumi. Bukan berarti saya naksir atau bagaimana. Melainkan saya sangat terinspirasi olehnya. Dia mampu memberikan motivasi yang kuat untuk saya agar menjadi penulis. Tapi saya sama sekali tidak pernah mengajaknya chat atau wtw-an. Saya pikir saya masih sangat asing baginya.

Toh saya memang bukan siapa-siapa yang pantas untuk diperhitungkan sebagai orang yang setiap hari harus dia hubungi. Jadi jangan sampai deh kalian terlalu pede untuk mengajak orang lain chat hanya gara-gara dia ada di friendlist kamu. Bisa saja dia tidak sengaja mengkonfirmasi permintaan teman yang kamu ajukan.

So sebelum kamu membuat seseorang benar-benar membenci kamu karena sedang tak ingin diajak chatting oleh orang tak dikenal mendingan kamu ketahui dulu ciri-ciri orang yang tidak ingin diajak chatting. Tapi kalau orang tersebut adalah sahabat dunia nyatamu mendingan langsung ajak chat aja… Soalnya ini hanya berlaku buat orang asing saja…

1. Jawaban sangat singkat. Bahkan hanya satu huruf..

Kamu capek-capek ngetik ‘Hai, apakabar, boleh ngobrol nggak?’
Terus jawaban yang kamu dapat hanya satu huruf, misalnya ‘y’.
Ehem… sudah bisa dipastikan orang ini tak ingin melanjutkan percakapan denganmu. Daripada didamprat oleh orang asing. Sebenarnya nggak hanya dia yang asing bagi kamu. Bisa jadi kamu juga orang asing baginya. Mendingan kamu langsung tutup obrolan. Jangan dilanjutkan. Kalaupun masih ingin menutupnya dengan kalimat yang menyenangkan, akhiri saja dengan ‘Have a nice day ya? Bye…’
Dengan kalimat penutup seperti itu mungkin kamu bisa mencoba untuk mengajaknya chatting lagi esok hari atau hari lainnya lagi kalau kamu masih mendapatkan jawaban yang super singkat, bahkan hanya dibalas dengan sebuah titik.

2. Jawaban menggunakan tanda baca.

Pernah nggak kamu bertanya atau say hello pada seseorang di FB yang memang tidak kamu kenal secara langsung di dunia nyata kemudian dibalas dengan titik (.), koma (,), tanda seru (!), atau tanda tanya (?), bisa juga simbol-simbol lain yang sepertinya diketikan sembarangan saja oleh orang tersebut? Bisa saya pastikan orang tersebut tidak ingin diganggu oleh orang asing. Jangan terus kepedean melanjutkan pertanyaan karena kamu merasa dia sudah membalas. Membalas bukan berarti dia tertarik untuk ngobrol sama kamu lo… biasanya sih memang terjadi pada orang yang mengajak chat lawan jenis.

3. Tiga kali ‘enggak’ atau tiga kali ‘iya’?

Kamu beberapa kali bertanya dan mendapatkan jawaban yang sama sebanyak tiga atau bahkan empat kali? Jangan-jangan dia sudah mengcopy-paste kata itu dan menggunakannya untuk membalas pertanyaan kamu. Berhentilah bertanya ketika kamu mendapatkan jawaban yang sama dari dia. Dia memang sedang tak ingin diganggu. Jangan mencoba untuk meneruskan.

4. Tiba-tiba dia offline dan nggak online-online

Koneksi memang terkadang nggak selamanya lancar untuk aplikasi chat FB. Tapi tak ada salahnya kamu mengecek dindingnya dia. Kalo ternyata dia sedang sibuk membalas pesan dinding atau mengomentari status padahal kamu barusan mengajak dia ngobrol. Itu artinya dia memang nggak suka chatting. Cobalah untuk berinteraksi dengannya melalui status atau dindingnya. Jangan langsung mengajak orang chatting. Nggak semua orang suka kenalan sama orang asing apalagi kalo foto profilnya nggak jelas atau nggak menarik.

5. Dia nggak menjawab dalam jangka waktu yang panjang

Tidak perlu saya jelaskan panjang lebar. Dia memang nggak mau chatting dan membiarkan aplikasi chatnya online mungkin hanya untuk orang yang ia kenal.

6. Jawaban jutek

Kamu mendapat jawaban yang kasar atau jutek dari orang yang kamu ajak chatting. Bisa jadi pertanyaan kamu ngebuat dia ilfeel. Tapi orang yang sedang nggak pengen chat dengan orang asing memang akan langsung mengeluarkan kata-kata yang pasti akan menghentikan kamu untuk mengajaknya chatting. Jangan bandel kalo kamu masih mau berteman dengannya. Berhentilah sebelum kamu benar-benar dihapus dari friendslistnya.

7. Dia balik bertanya

Setiap pertanyaan kamu malah membuat dia balik bertanya. Dia memang sedang menunjukkan bahwa pertanyaan kamu sama sekali buruk karena mambuat dia mengajukan pertanyaan yang mungkin jauh lebih banyak. Kalo belum dapat inspirasi buat mengarang pertanyaan yang lebih mengundang tanggapan positif mendingan kamu bilang ‘makasih udah chatting sama aku, bye.’…. itu jauh lebih baik. Dia akan menjadi agak bersalah karena tidak menanggapi pertanyaan kamu dengan jawaban yang benar. Tapi kalo pertanyaan kamu hanya seputar masalah informasi yang sebagian besar akan ada di profilnya sih, kamu harus pikir-pikir dulu untuk mengajaknya chatting dilain hari. Dia akan mengingat kamu sebagai sosok yang kurang kreatif untuk diajak chatting.

8. Jawabannya terlalu panjang

Kamu hanya mengajukan pertanyaan, hanya satu pertanyaan, dijawab dengan sangat panjang lebar oleh yang kamu ajak chatting. Ditambah dengan tanda seru yang banyak di belakang kalimatnya. Bisa dipastikan memang dia membenci pertanyaan yang kamu ajukan… mendingan kamu besok-besok membuat pertanyaan yang nggak membuat orang lain merasa terganggu…

9. Bahasa yang digunakan susah dibaca

Pertanyaan kamu tiba-tiba dijawab dengan kalimat yang mengandung banyak simbol dan angka. Kemungkinan dia anak alay adalah hal yang terdekat tapi kemungkinan lainnya adalah dia sedang tak ingin diganggu. Kalau kamu tahan dengan cara dia menulis sih tidak ada masalah. Tapi kalau kamu masih sayang dengan mata kamu dan tak ingin juling dalam waktu dekat mendingan kamu mengajak teman kamu yang lain untuk chat karena sebenarnya orang ini secara tidak sadar menunjukan pada orang lain dia tak ingin diganggu. Mungkin niat dalam hati tidak. Tapi siapa yang sanggup membaca tulisan model itu?

10. Mengatakan ‘Maaf, saya lagi sibuk’

Anak kecil juga tahu kalau mendengar kalimat ini. Orang ini 100% benar-benar tidak ingin diganggu.

Pada intinya kalau memang ingin mengajak seseorang chat, coba lakukan pemeriksaan dulu? Saya akan menuliskannya di 10 CIRI-CIRI DIA MAU DIAJAK CHAT. Langsung cek di postingan yang judulnya itu ya?

Kalo malah yang terjadi adalah sebaliknya, alias kamu yang inginnya tidak diganggu oleh siapa pun silakan coba mempraktekan cara untuk membuat orang nggak melanjutkan chatnya denganmu. Pilih satu atau dua. Kalo masih nggak manjur kamu boleh coba sampai sepuluh. Tapi kalo masih nggak mempan juga kamu tinggal offline-kan saja aplikasi chat kamu. Ngapain dionline-kan kalo kamu emang sedang nggak berniat untuk chatting? hehehehe

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengetahui Orang Stalking Twitter Kita, Siapa Stalkersmu?

Siapa yang sudah menggunakan jejaring sosial yang satu ini? Sudah punya banyak temankah di sana? Mention bagaimana? Banyak juga yang hadir setiap harinya? Atau kadang merasa 'twitter' itu mirip dengan kuburan karena bingung mau ngapain aja di sana. Banyak memang orang yang pada awalnya kebingungan menggunakan twitter. Apa yang sebaiknya dilakukan. Apa yang sebaiknya ditulis. Akun seperti apa yang sebaiknya diikuti. Semuanya sebenarnya kembali lagi ke pribadi masing-masing ingin menggunakannya seperti apa. Karena konsekuensinya juga ditanggung diri masing-masing. Apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai. Lama-lama, alah bisa karena biasa akan berlaku. Sebab memang kalau sudah sering membaca lini masa dan sudah mengikuti banyak akun. Kita akan menemukan pola ngetwit kita sendiri. Meskipun demikian, bukan itu yang ingin dibahas dalam tulisan ini. Saya rasa banyak yang penasaran dengan cara mengetahui orang yang stalking akun twitter kita. Orang yang melakukanny

Hati-Hati Belanja di Tokopedia Pakai AnterAja

Selama ini saya selalu puas belanja di berbagai marketplace yang ada di Indonesia termasuk di Tokopedia. Karena selama ini pengirimannya yang saya gunakan ya itu-itu saja. Kalau nggak JNE ya JNT. Pernah juga menggunakan SiCepat. Sudah lama sekali tidak berbelanja di Tokopedia dan saya bulan ini ingin beli kamera dan di Tokopedia saya menemukan kamera yang saya inginkan.  Prinsip saya begitu order langsung bayar supaya barang cepat sampai. Saya tidak sadar kalau pengiriman yang default di aplikasi adalah ekspedisi AnterAja. Tidak pernah menggunakan dan baru dengar. Karena saya pikir memang AnterAja melayani sampai ke Pontianak ya nggak ada masalah dengan pengirimannya. Sampai akhirnya saat tulisan ini saya posting, paket kamera yang saya beli tak kunjung sampai. Googling sana-sini. Buka twitter buat komplain hingga akhirnya menemukan banyaknya orang yang komplain dibandingkan puas dengan layanannya dan bahkan review di google juga jelek. Banyak sekali yang memberikan bintang satu. Terma

Menulis 500 Kata

Sekarang sepertinya harus bekerja lebih keras lagi. Saya banyak sekali menulis artikel yang terlampau pendek. Bahkan banyak sekali postingan yang hanya berisikan gambar. Kalau hanya seperti itu saya yakin banyak orang yang akan bisa membuat postingan jauh lebih banyak dari yang saya bisa lakukan. Jadi sekarang sepertinya saya harus mengubah tantangannya menjadi lebih menarik. Saya harus menulis setidaknya 500 kata untuk setiap artikel yang saya buat. Supaya lebih terasa menantang dan saya tak hanya sambil lalu lagi mengupdate blognya. Sebab akhir-akhir ini ketika menyelesaikan jumlah postingan saya akhirnya suka mengambil beberapa gambar yang sudah saya unggah di instagram dan memasukkannya ke blog menjadikannya satu postingan. Padahal hanya diikuti satu dua kata saja. Bahkan pernah tak ada tulisan apa-apa. Memang menulis 10 postingan sehari bukanlah hal yang mudah untuk membagi waktu dengan persiapan pernikahan. Tapi tantangan memang harus dibuat seberat mungkin bukan? Bukan