Sambal Goreng Kulit Rambai



Di desa saya ada buah yang di sebut buah Ulap. Kalo nggak salah sih namanya buah rambai. Tapi ini bahasa melayunya. Bahasa Indonesianya kayaknya sama sih…
Nih bahan-bahannya. Gampang banget kok…

  1. Kulit buah rambai secukupnya, semangkok deh biar nggak kebanyakan. Dipotong kayak motong bawang bombay gitu, panjang-panjang, jangan terlalu kecil ya?
  2. Ikan teri setengah ons, buat yang suka bisa ditambahkan.
  3. Cabai kering beberapa buah, buat yang suka pedas bisa ditambah, cabai bisa diganti dengan cabai basah, tergantung yang mana yang lebih murah. *hahahahhahahha
  4. Minyak goreng beberapa sendok makan untuk menumis sambal, Bunda LangsungEnak pasti lebih tahu dong ya?
  5. Terasi seukuran ibu jari, jangan diukur pake jari gajah, kasian yang makan.
  6. Masako, saya nggak suka vetsin, jadi pakenya masako sapi sebungkus yang harga 300 perak.
  7. Gula sedikit.
  8. Bawang merah 5 siung (boleh tambah) dan bawang putih 1 siung (mau tambah? Boyeh-boyeh aja!)
  9. Air secukupnya.
Cara memasak:
  1. Haluskan cabai, bawang, dan terasi, diulek deh biar enak.
  2. Terus tumis cabai sampai harum lalu masukan teri. Kemudian tambahkan kulit buah rambai yang telah dipotong-potong.
  3. Masukan masako dan gula. Kalo kurang asin tambahkan garam. Tapi teri sudah cukup asin. Biarkan mendidih. Dicicip dulu. Udah pas atau belum. Kalo terlalu asin tambahkan air. Kalo tawar masaknya agak lama biar airnya menguap.
Kalo nggak suka terasi bisa nggak dipake kok. Dicoba ya? Rasanya kayak buah belimbing wuluh gitu. Tapi nggak seasem buah itu sih. Kalo di rumah saya biasanya belimbing wuluh juga dimasak dengan cara seperti ini. Saya suka dua-duanya. Asem-asem pedes!
Hehehhehe…
Selamat berkreasi!
Share:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes