11 Mei 2011

MODERASI KOMENTAR: PERLUKAH?


Beberapa blog ada yang menerapkan moderasi di blognya. Saya tidak tahu secara pasti alasan mereka memberlakukan moderasi. Saya sih yang jelas tidak menerapkan moderasi lagi di blog saya. Dulu pertama kali ngeblog di dagdigdug sama memang pernah melakukannya. Ini disebabkan pengaturan awal di blog saya seperti itu. Sekarang sudah tidak saya berlakukan lagi.


Saya merasa tidak nyaman ketika meninggalkan komentar di blog lain dan komentar saya ternyata tertahan di kotak moderasi. Masih harus menunggu persetujuan dari pemilik blog untuk komentar yang ditinggalkan. Ada yang memang tidak tahu untuk membuat komentar tidak perlu dimoderasi. Ada pula yang memang menerapkan pemoderasian ini. Sekali lagi saya tidak tahu alasannya.

Bisa jadi mereka tidak mau menerima komentar yang kurang ajar atau yang spam iklan. Bisa jadi. Tapi kembali lagi ke individu masing-masing.

Bagaimana dengan saya? Kenapa saya tidak mengaktifkan komentar dimoderasi? Saya ingin memperlakukan orang lain sebagaimana saya ingin diperlakukan. Ketika saya tidak suka menemukan komentar saya tertahan oleh moderasi, saya juga tidak ingin orang lain merasakan hal yang sama. Lebih mudah lebih baik bukan? Tapi di dunia perbloggeran ini, semua orang berhak memilih ingin mengambil jalan yang mana.

Related Posts

MODERASI KOMENTAR: PERLUKAH?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).