DUA HARI SAYA MENCARI TEMPLATE YANG SESUAI


Saat saya menuliskan postingan ini, saya telah selesai mengoprek-oprek blog saya. Templatenya yang saya oprek-oprek sampai mata saya perih. Saya berburu mencari template yang sesuai. Tidak ada yang membuat saya benar-benar jatuh cinta. Saya hanya ingin template yang ada dua kolom. Kolom kiri untuk widget dan kolom kanan untuk postingan. Saya ingin yang headernya menarik dan backgroundnya lucu.

Saya mengunduh banyak sekali template gratisan dan saya ternyata tidak menemukan yang benar-benar sesuai. Saya ingin jenis tulisan yang digunakan juga bukan yang standar pada blog. Ukuran dan warna akan menjadi masalah juga buat saya.

Saya memang kurang pintar mengoprek-oprek blog. Tapi saya pantang untuk menyerah. Saya lalu mengunggah semua template yang telah saya unduh tersebut. ujung-ujungnya saya kecewa. Ada yang kelihatannya lucu tapi terlalu mungil kotak postingannya. Saya kan punya blog buat diisi dengan tulisan. Kalau kecil begini kotak postingannya saya tidak suka.

Ada template yang menggunakan jenis tulisan yang seperti tulisan tangan. Saya suka warnanya tapi saya tidak suka side barnya di sebelah kanan. Saya merasa tidak seimbang dengan kotak postingan di sebelah kiri. Kelihatan terlalu berat bagi saya.

Nah selama dua hari ini saya belajar satu hal. Tidak akan ada template yang benar-benar sesuai dengan yang saya mau karena yang membuatnya bukan saya. Wajar sih. Lalu? Bagaimana? Iseng saya mencoba template bawaan yang telah disediakan blogspot itu sendiri. Kenapa susah-susah mencari kan kalau di sini sudah ada. Tapi saya masiih kurang puas dengan tulisan yang disediakan. Ternyata saya harus bersyukur karena pulang larut malam dari kantor hanya untuk mengoprek blog saya.

Ada apa memangnya? Di sinilah saya mendapat pengetahuan baru. Kalau di bandingkan blog yang lainnya blog saya mungkin terlihat sangat sederhana. Tapi saya sudah cukup senang karena semua yang saya mau sudah saya kenakan di tampilan blog. Kotak yang tidak lancip ujungnya. Tulisannya yang menggunakan tulisan mirip tulisan tangan. Gambar yang lucu untuk tautan jaringan sosial saya. Memang saya kehilangan beberapa widget yang disediakan oleh Mas Didik yang berbaik hati mau membantu proses kelahiran blog ini.

Widget yang paling saya suka sih widget postingan yang judulnya bisa naik berganti-ganti. Entah bagaimana menjelaskannya ya? Pokoknya ada deh widget yang seperti itu.

Catatan yang kurang menyenangkan dari blog ini adalah, saya tidak mengunggah foto saya untuk header karena yang saya buat ada yang kekecilan ada pula yang kebesaran. Tapi secara keseluruhan tampilan blog ini sudah mendekati yang saya mau dibanding semua template yang telah saya unduh sebelumnya.

Buat teman-teman sesama blogger yang masih belajar ngeblog seperti saya ada baikknya sih menggunaka template yang bisa diatur dari blog itu sendiri. Soalnya jauh lebih nyaman untuk membuat ukuran kotak yang pas, jenis tulisan, dan tata letak kolom dan jumlahnya. Dua hari saya mencari kepuasan untuk membuat tampilan blog ternyata membuahkan hasil yang menyenangkan.

Saya akhirnya bisa mengatakan selesai!
Share:
Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes