12 April 2011

KEPERCAYAAN ADALAH HARTA YANG PALING BERHARGA DI DIRI SEORANG PEDAGANG

gadis warung

Terkadang orang suka bingung bagaimana untuk memulai sebuah usaha. Istilah sederhananya berdagang. Apa sih hal yang paling utama yang harus dimiliki oleh seorang pedagang.

Sebelum postingan ini ditulis ada seorang perempuan berusia 18 tahun yang baru tamat SMA dan berkerja di sebuah warung yang dimiliki oleh seorang laki-laki bernama SIN. Nah, sebelum gadis ini bekerja di warung tersebut, sudah ada Man Cai yang merupakan orang kepercayaan SIN.

Beberapa bulan berlalu dan gadis itu bisa menyesuaikan diri dengan suasana warung dan bekerja dengan baik. SIN memang sangat sabar mendidik gadis yang sama sekali tidak memiliki keahlian apa-apa. Beberapa bulan gadis itu pun telah menyamai kemampuan Man Cai melayani pelanggan.

Meskipun gadis itu telah berusaha keras untuk menjadi pegawai terbaik tapi SIN tetap lebih mengutamakan Man Cai. Kepercayaan penuh hanya dimiliki pegawai lamanya tersebut. Gadis itu tidak pernah kesal dengan perbedaan kepercayaan yang diberikan SIN pada mereka berdua. Dia percaya ada hikmah dimasa depan.

Beberapa waktu berlalu dan SIN mulai curiga uangnya banyak yang hilang. Man Cai yang sebenarnya berasal dari keluarga kurang mampu terlihat memiliki barang-barang mahal dan hobinya sekarang jalan-jalan dan shopping. Saat SIN memeriksa keuangannya barulah ia menyadari memang uangnya telah hilang dalam jumlah yang sangat banyak.

SIN tak mungkin mencurigai gadis itu karena gadis itu tak pernah sekalipun diizinkan berada di dekat meja kasir dan tak pernah membuka laci uang warung.

SIN harus menelan pil pahit karena Man Cai ternyata tidak bisa menjaga kepercayaan penuh yang telah ia berikan.

Man Cai dipecat dan tinggallah gadis itu sendirian melakukan semua pekerjaan.

Gadis itu bersyukur dia tidak mendapat kepercayaan penuh sehingga dia tidak memiliki kesempatan untuk mencuri uang di warung tempat ia bekerja.

Sekarang gadis itu telah berhenti bekerja dan mulai merintis usahanya sendiri dan selalu ingat bahwa modal utama untuk menjadi pedagang hanya satu, menjaga kepercayaan.

Seperti pepatah lama yang mengatakan:
Sekali lancung diujian, seumur hidup orang tak akan percaya.

Related Posts

KEPERCAYAAN ADALAH HARTA YANG PALING BERHARGA DI DIRI SEORANG PEDAGANG
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).