30 April 2011

#17 TABU: SEBUAH NOVEL TENTANG FITRI JUNIA REE KUMBAWA


Belum, belum seminggu sejak kepergian sahabat terbaik yang pernah ada dalam hidupku. Dialah alasan terbesar aku bisa mengejar kuliahku dan menyelesaikan pertandingan itu satu demi satu. Dialah yang menyemangatiku sehingga aku bisa masuk dalam Radio Volare. Menjadi bagian kecil yang berperan tak kalah penting dengan yang lainnya.

Sahabatku bernama Fitri Junia yang suka memberikan gelar Ree Kumbawa pada dirinya.

Aku tiba-tiba ingin meneruskan judul novel yang ingin ia tuliskan. Dia memilih judul novelnya itu TABU. Dia belum menyelesaikannya. Aku akan berusaha mewujudkan sebuah tulisan untuk mengenangnya. Aku akan menceritakan pada dunia. Tentang seseorang yang pernah dalam hidupku dan meninggal dalam usia yang sangat muda. Belum genap 25 tahun. Usianya hanya terpaut seminggu denganku.

Aku merasa seperti saudara kembar untuknya.

Kami selalu bersama. Seringkali bersama sehingga aku merasa setengah dari diriku hilang dengan ketiadaannya.

Aku pikir akulah orang yang mengidamkan kematian lebih cepat. Tapi Tuhan selalu memberikan kejutan yang tidak kita duga, dia mengambil seseorang yang Dia sayangi.

Berarti kalau aku menginginkan kematian harusnya aku menjadi umat yang Dia cintai.

Oke, malah keluar dari jalur penceritaan yang seharusnya ya?

Aku ingin menulis sebuah novel berjudul TABU. Aku tak tahu harus mulai dari mana. Aku juga tak tahu siapa saja yang akan aku jadikan tokoh di dalamnya. Aku hanya tahu satu hal, ini adalah sebuah cerita yang aku tuliskan untuk Fitri Junia Ree Kumbawa yang selalu suka dengan semua tulisanku.

Dialah satu-satunya orang yang percaya dengan kemampuanku sejak pertama kali dia mengenalku enam tahun yang lalu. Dia yang menguatkan dan mengatakan kamu pasti bisa.

Dia sudah tak ada. Itu kalimat yang selalu aku dengungkan dalam pikiranku.

Iya aku harus menerima itu. Tapi aku masih punya semua kenangan yang tak akan pernah terlupakan selama dia ada. Semoga bisa berjumpa dengannya di akhirat dalam keadaan baik-baik saja.

Sebuah novel. Tentang TABU. Tentang kehidupan. Tentang Ree Kumbawa.

Related Posts

#17 TABU: SEBUAH NOVEL TENTANG FITRI JUNIA REE KUMBAWA
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).