5 April 2011

#10 MENGUASAI BANYAK BAHASA


Saya semenjak kecil selalu tertarik dengan berbagai bahasa. Terutama bahasa yang tidak saya ketahui. Saya selalu ingin mempelajari semuanya. Walaupun terkadang saya tidak tahu bagaimana caranya waktu itu. Maklum saya masih tinggal di kampung saya yang memang tidak ada tempat kursus bahasa. Saya dulu mengawali belajar bahasa Tionghoa dengan nenek saya. Kebetulan nenek saya memang orang Tionghoa. Saya belajar setiap hari dan mulai menggunakannya secara campur aduk saat saya masih belum sekolah.

Saya berkomunikasi dengan tetangga saya yang memang semuanya Tionghoa. Saya kadang menyelipkan bahasa Tionghoa yang saya tahu saat saya ngobrol dengan mereka. Kadang kebetulan saja saya harus mengatakan sesuatu dan ternyata saya tahu padanan bahasa Tionghoanya. Bahasa Tionghoa Khek lebih spesifiknya.

Nah, berawal dari sinilah teman-teman saya yang memang semuanya Tionghoa berbaik hati untuk mengajari saya. Mereka mengucapkan ulang kalimat saya yang campur-campur bahasanya. Maklum di rumah kakek saya menggunakan bahasa Melayu karena beliau memang etnis Melayu.

Alhasil dari pertemanan ini hingga duduk di bangku SMP saya selalu belajar bahasa Tionghoa. Saat duduk di bangku SMP saya mengenal bahasa Inggris dan tertarik untuk belajar. Meskipun masih pas-pasan saya setiap hari selalu belajar mengucapkan kalimat dalam bahasa Inggris. Bisa dengan lawan bicara jika memungkinkan saya menyambar dengan bahasa Inggris. Kalau tidak saya bisa berkomunikasi dengan motor saya menggunakan bahasa asing tanpa takut ada yang menertawakan. Saya kadang ngomong sama dia menggunakan bahasa Jepang, Mandarin, Korea, dan India. Hahahaha…


Saya masih sedikit menguasai bahasa asing. Saya yakin semuanya bisa dipelajari. Mau mahir atau tidak itu urusan belakang. Belajar! Saya pasti bisa!

Related Posts

#10 MENGUASAI BANYAK BAHASA
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).