30 April 2011

SEBERAPA PENTING SIH EMOTICON DI DALAM SEBUAH POSTINGAN?


Beberapa waktu yang lalu saya sempat terkagum-kagum dengan blog yang sangat menunjukkan perasaannya dengan emoticon di dalam sebuah postingan. Ya… blognya jadi terlihat benar-benar berbicara dengan saya. Saya juga bisa membayangkan sang blogger dengan perasaannya melalui emoticon yang dia gunakan.
#17 TABU: SEBUAH NOVEL TENTANG FITRI JUNIA REE KUMBAWA

#17 TABU: SEBUAH NOVEL TENTANG FITRI JUNIA REE KUMBAWA


Belum, belum seminggu sejak kepergian sahabat terbaik yang pernah ada dalam hidupku. Dialah alasan terbesar aku bisa mengejar kuliahku dan menyelesaikan pertandingan itu satu demi satu. Dialah yang menyemangatiku sehingga aku bisa masuk dalam Radio Volare. Menjadi bagian kecil yang berperan tak kalah penting dengan yang lainnya.

Sahabatku bernama Fitri Junia yang suka memberikan gelar Ree Kumbawa pada dirinya.

Aku tiba-tiba ingin meneruskan judul novel yang ingin ia tuliskan. Dia memilih judul novelnya itu TABU. Dia belum menyelesaikannya. Aku akan berusaha mewujudkan sebuah tulisan untuk mengenangnya. Aku akan menceritakan pada dunia. Tentang seseorang yang pernah dalam hidupku dan meninggal dalam usia yang sangat muda. Belum genap 25 tahun. Usianya hanya terpaut seminggu denganku.

Aku merasa seperti saudara kembar untuknya.

Kami selalu bersama. Seringkali bersama sehingga aku merasa setengah dari diriku hilang dengan ketiadaannya.

Aku pikir akulah orang yang mengidamkan kematian lebih cepat. Tapi Tuhan selalu memberikan kejutan yang tidak kita duga, dia mengambil seseorang yang Dia sayangi.

Berarti kalau aku menginginkan kematian harusnya aku menjadi umat yang Dia cintai.

Oke, malah keluar dari jalur penceritaan yang seharusnya ya?

Aku ingin menulis sebuah novel berjudul TABU. Aku tak tahu harus mulai dari mana. Aku juga tak tahu siapa saja yang akan aku jadikan tokoh di dalamnya. Aku hanya tahu satu hal, ini adalah sebuah cerita yang aku tuliskan untuk Fitri Junia Ree Kumbawa yang selalu suka dengan semua tulisanku.

Dialah satu-satunya orang yang percaya dengan kemampuanku sejak pertama kali dia mengenalku enam tahun yang lalu. Dia yang menguatkan dan mengatakan kamu pasti bisa.

Dia sudah tak ada. Itu kalimat yang selalu aku dengungkan dalam pikiranku.

Iya aku harus menerima itu. Tapi aku masih punya semua kenangan yang tak akan pernah terlupakan selama dia ada. Semoga bisa berjumpa dengannya di akhirat dalam keadaan baik-baik saja.

Sebuah novel. Tentang TABU. Tentang kehidupan. Tentang Ree Kumbawa.

29 April 2011

DI ERA DIGITAL BEGINI SAYA MASIH HARUS MENGENYAMPINGKAN E-MAIL DAN BERHADAPAN DENGAN FAX



Kemarin sepanjang jalan pulang saya mengomel. Ya, saya kesal dengan sangat karena saya tidak bisa mengirim persyaratan untuk mendapatkan ISBN karena saya tidak bisa mengirim fax ke PNRI. Bayangkan, saya tidak boleh mengirim persyaratan tersebut melalui e-mail.
EMOTICON
#25 SURAT BUAT TUHAN

#25 SURAT BUAT TUHAN

tuhan

Assalamualaikum Tuhan
Aku tahu kamu sekarang berada di singgasana-Mu memperhatikan semua manusia termasuk aku yang masih ada di bumi. Aku juga tahu kamu mendengar teriakan dalam diriku yang terdengar semakin keras. Aku lelah Tuhan. Aku hanya ingin bilang aku lelah dengan semua yang mereka anggap adalah ujian dari-Mu.

#16 PENGEN MENANG HADIAH UTAMA LOMBA PODCAST INDONESIA BERCERITA


Aku akhirnya berhasil juga mengirimkan 14 data untuk mengikuti lomba podcast Indonesia Bercerita. Sebelumnya aku kebingungan karena deadline tanggal 27 April dan internet di kantor lagi gangguan. Aku sama sekali tidak tahu harus bagaimana karena aku tahu jaringan internet di hotspot kafe biasanya tidak secepat di sini. aku membutuhkan kecepatan yang baik untuk melampirkan file yang sampai mendekati 10 MB setiap rekamannya.

Ternyata saku beruntung. Deadline diundur dua hari. Aku kemudian memiliki banyak waktu untuk menyiapkan semuanya. Akunya yang terlalu pengen menang sih. Habis hadiahnya Blackberry. Kapan lagi dapat hadiah gadget sejuta umat gratisan kan?

Aku juga sudah punya banyak handphone jadi kalau mau beli lagi agak sayang gitu. Hehehehe. Uangnya juga sayang sih, mendingan dipake buat makan.

Nah lomba ini aku hanya bisa mengusahakan untuk mendapatkan 35% suara dari vote teman-teman twitter. Karena 65%-nya ditentukan oleh juri. Aku tidak tahu apakah ada yang bagus di antara 14 rekaman tersebut. Kualitas suaranya sih sudah bagus banget. Maklum direkam di ruangan kedap suara. Pengeditan sih seadanya karena aku belum begitu mahir menggunakan cool edit.

Lumayanlah…

Hanya itu yang aku ucapkan ketika 14-nya selesai. Aku hanya berharap dari 14 itu ada satu yang bagus dan membuatku menang. Ada beberapa lomba yang aku temukan di internet dan hadiahnya begitu menggoda. Ada handphone yang canggih-canggih di luar sana. Tapi aku masih gagal memenangkannya. Aku juga akan mengikuti sebuah lomba yang lain. hadiahnya sih ipad. Padahal aku sama sekali tidak tahu, ipad itu apa. Yang penting ikut aja dulu. Menang nggak menang itu urusan nantilah kan?

Ngomong-ngomong soal blackberry nih, aku belum pernah memilikinya. Aku kadang hanya bisa melihat orang yang memilikinya dan asyik menggunakannya. Untuk menguras semua tabungan dan membelinya sih aku masih pikir panjang. Karena apa? Aku kan orangnya tiap akan membeli sesuatu akan berpikir, manfaatnya apa gitu. Tapi kalau udah lomba seperti ini, pasti siapa pun pengen menang…

Apa pun alasannya, aku sudah mengirim sedemikian banyak. Aku tidak tahu apa yang akan juri putuskan. Walaupun Bang Jaka bilang kasihan banget jurinya harus mendengar 14 dongeng yang kubacakan. Pasti baru 3 dongeng mereka udah muntah-muntah katanya.

Siapa tahukan jumlah dongeng yang kukirimkan membuat mereka terharu dan memberikan kemenangan padaku? Aku akan berusaha mencari dukungan. Biar menang.
#15 AKU INGIN MENULIS 1000 NOVEL

#15 AKU INGIN MENULIS 1000 NOVEL


Sebelum mati, aku ingin menghasilkan karya 1000 novel. Semuanya harus diterbitkan dan dijual ke pasaran. Sebelum aku benar-benar meninggalkan dunia ini aku telah menyelesaikan semuanya. Aku ingin semua orang mengenang seorang penulis yang pernah lahir ke dunia ini dan tidak bahagia dalam hidupnya.
INI HIDUPKU, BUKAN HIDUPMU

INI HIDUPKU, BUKAN HIDUPMU

menangis

Terkadang orang lain melihat kedalam kegalauan orang lain dan mencercanya. Memberikan kalimat-kalimat motivasi untuk (yang katanya sih) membantu. Padahal ketika seseorang jatuh dia hanya membutuhkan sebuah lengan yang kuat dan mau membantunya berdiri.

LADY DIANA: AWAL AKU TAHU TENTANG KERAJAAN INGGRIS

LADY DIANA: AWAL AKU TAHU TENTANG KERAJAAN INGGRIS

cinderella

Aku masih ingat dulu aku masih duduk di bangku sekolah dasar, aku hanya tahu kerajaan itu hanya ada di dalam buku dongeng yang menceritakan tentang putri dan pangeran. Bagi seorang Hani kecil, kerajaan itu tidak pernah ada di dunia nyata.
Aku mengira semua itu hanyalah impian yang ada di alam tidak nyata.
TIAP MEMBACA BLOGNYA AKU JADI TIDAK PERCAYA DIRI DENGAN BLOGKU SENDIRI

TIAP MEMBACA BLOGNYA AKU JADI TIDAK PERCAYA DIRI DENGAN BLOGKU SENDIRI

writer


Pernahkah membaca tulisan kemudian berkata: “Aku tidak menulis sebagus ini.”

Ada sebuah blog yang benar-benar berisi yang pernah saya temukan. Sebuah blog yang selalu memberikan sebuah kekuatan ketika saya membacanya. Saya merasa lebih hidup dan senang dengan keseharian saya. Meskipun terkadang dia menulis tidak mencukupi kebutuhan saya sebagai pembaca. Tapi saya tidak keberatan untuk membaca ulang semua tulisannya.

28 April 2011

AKHIRNYA PAYPAL  SAYA DIVERIFIKASI

AKHIRNYA PAYPAL SAYA DIVERIFIKASI



Ah, terdengar sangat mudah bagi orang lain. Pasti banyak orang yang akan mengatakan verifikasinya kan gampang? Gampang memang untuk yang memiliki kartu kredit. Sayangnya saya bukanlah orang yang terdepan dalam teknologi kemudahan perbankan ini. Alhasil saya tidak mudah untuk memerifikasi akun paypal saya.

24 April 2011

#26 AKU TELAH BERHENTI BERHARAP

broken herat

Assalamualaikum Dear Jodohku
Lama aku tak menulis surat untukmu. Bukan dengan alasan tertentu. Aku memang tidak menuliskannya. Aku rasa kamu tahu kan? Aku telah lelah berharap kedatanganmu. Aku tak begitu menunggumu lagi. Bukan apa-apa. Aku tak banyak memiliki waktu. Kalaupun aku punya waktu mungkin aku tidak sekuat sekarang.

19 April 2011

#24 KAMU SEBENARNYA SIAPA?

#24 KAMU SEBENARNYA SIAPA?

holding hands

Dear Jodohku
Sekian lama tak menulis surat untukmu akhirnya aku memikirkan kembali keberadaan dirimu. Ternyata terapi dengan menulis surat cinta untuk kamu yang sangat aku cintai walaupun kita sama sekali tak saling mengetahui keberadaan diri masing-masing, membantu aku untuk lebih sabar menunggu.

14 April 2011

12 April 2011

#22 SURAT BUAT BOS-KU A SIN

#22 SURAT BUAT BOS-KU A SIN

warung

Hai Sin Ko.

Sudah lebih dari enam tahun sejak saya tamat SMA dan bekerja di warung kelontong milik Koko. Apakah sekarang telah mendapatkan pengganti karyawan yang seperti saya? Hahahahaha… mudah-mudahan mendapatkan yang lebih baik karena saya yakin Sin Ko memiliki kecerdasan yang bisa mendidik karyawan yang tidak tahu apa-apa menjadi karyawan yang luar biasa.
#23 SURAT BUAT HOEDA MANIS

#23 SURAT BUAT HOEDA MANIS

menunggu keajaiban
Assalamualaikum Wr. Wb
Dear Hoeda,
Maaf saya malah menulis surat buat kamu di blog saya. Saya tahu kamu menerima begitu banyak e-mail setiap harinya. Saya jadi memilih menuliskan surat buat kamu di sini karena saya tak ingin kecewa ketika membuka kotak e-mail saya yang tak pernah berisi e-mail dari kamu.
#14 MENJADI PEMBUAT BARCODE

#14 MENJADI PEMBUAT BARCODE


Setelah saya mengerti cara mendapatkan ISBN saya pastinya bisa mendapatkan uang lebih banyak lagi dengan membuatkan BARCODE untuk ISBN yang telah saya dapatkan… hahahahahha…

Niat banget ya saya mau buka usahanya…
#13 MENJADI PENGURUS ISBN

#13 MENJADI PENGURUS ISBN


Sekarang saya sedang belajar untuk mendaftarkan buku saya agar memiliki ISBN. Iya, saya masih mempelajarinya. Saya masih bingung karena e-mail saya tidak pernah mendapatkan balasan dari mereka. Itu membuat saya sedikit kesal. Banyaknya jengkel sih…

Tapi tak apa, berawal dari kesalahan makanya kita mendapatkan kebenaran. Jadi saya bertekad untuk mendapatkan ISBN saya sendiri tanpa bantuan orang lain.

Nanti setelah saya paham semuanya, saya akan berusaha untuk membuka usaha jasa pengurusan ISBN. Bayangkan berapa uang yang akan saya cetak menjadi pengurus ISBN untuk bagian Kalimantan Barat? Bahkan kalau perlu se-Indonesia. Saya harus mulai memperkirakan berapa biaya yang saya kenakan untuk satu ISBN.

Tunggu saya ISBN!
#12 PENGEN JADI REPORTER VOLARE

#12 PENGEN JADI REPORTER VOLARE


Impian yang ini muncul beberapa bulan terakhir ini. Saya sangat ingin menjadi reporter di Volare. Ya, di Radio Volare. Saya sebelumnya telah menjadi penyiar di sini. Menjadi penyiar adalah impian yang pernah saya tulis beberapa tahun yang lalu. Sekarang telah menjadi kenyataan. Saya tahu saya belum menyamai kualitas penyiar-penyiar senior yang ada di sini dan terkadang logat daerah saya masih terdengar. Ah, pendengar radio itu memang memiliki telinga yang sangat bagus.
#11 HONEYLIZIOUS: BENAR-BENAR MENJADI PENERBITAN YANG BERHASIL

#11 HONEYLIZIOUS: BENAR-BENAR MENJADI PENERBITAN YANG BERHASIL


Ini adalah mimpi yang sangat saya inginkan. Saya tidak hanya ingin menerbitkan semua tulisan saya. Saya malah ingin menjadi penerbit. Iya sayat telah memilih nama penerbit saya, HONEYLIZIOUS. Sekarang memang baru menerbitkan buku saya. Saya percaya saya tidak hanya berhenti di MEMAMAH JANTUNGMU. Akan ada buku lain yang akan menyandang nama penerbit saya.
SATE HATI

SATE HATI

sate hati

Ada sebuah warung pecel yang sering saya singgahi. Di sana tersedia makanan standar warung pecel lainnya. Ada pecel ayam, lele, bebek, dan udang. Ada juga kepiting dan ikan laut yang segede gaban. Entah apa nama ikannya.

KEPERCAYAAN ADALAH HARTA YANG PALING BERHARGA DI DIRI SEORANG PEDAGANG

gadis warung

Terkadang orang suka bingung bagaimana untuk memulai sebuah usaha. Istilah sederhananya berdagang. Apa sih hal yang paling utama yang harus dimiliki oleh seorang pedagang.

11 April 2011

KALAU MAU BERBOHONG PILIHLAH CARA YANG PALING LOGIS

liar

Bohong, siapa sih yang tidak pernah melakukannya? Terlepas dari nabi yang pernah ada di Bumi kita tercinta ini. Semua orang pasti pernah melakukannya. Alasannya pasti macam-macam. Tapi tiap orang memiliki tingkat kebohongan yang berbeda. Ada yang melakukannya secara intens ada pula yang terkadang melakukannya.
emoticon
Saya tidak memberikan tips agar semua yang membaca tulisan ini menjadi seorang pembohong ulung bahkan sampai menjadi penipu profesional. Bukan seperti itu.

RECUVA, KAMU RESCUE FILE-FILEKU

recuva
Selalu, akan selalu ada hikmah dibalik setiap tindakan bodoh yang saya lakukan. Tapi biasanya tersadarkan setelah saya berhasil memperbaiki kesalahan tersebut. jadi kalau kesalahannya tidak bisa diperbaiki ujung-ujungnya saya akan mengutuki perbuatan bodoh saya tersebut beberapa hari. Tidak akan lebih dari seminggu sih…
Hahaha..

7 April 2011

INGIN VERIFIKASI PAYPAL SECARA MANUAL KARENA TIDAK PUNYA KARTU KREDIT?



Saya sebenarnya ingin melebarkan sayap dengan berjualan online tidak hanya di situs pertemanan. Saya mulai mendaftarkan diri di beberapa situs toko online gratis yang dibuat bukan oleh orang Indonesia. Istilah gampangnya saya juga pengen nih mendulang dollar. Lagi pula kurs dollar Amerika sekarang masih tinggi. Tidak ada salahnya kan saya mencoba untuk berdagang online di sana sodara-sodara?
EMOTICON

NGEBLOG: LEBIH PENTING MANA? DIFOLLOW ATAU DIKOMENTARI ATAU DIBACA?

blogger


Sebelumnya saya telah membahas cara saya menggunakan akun twitter saya. Tidak ada yang stabil. Semuanya berubah seiring pemikiran saya sendiri. Saya masih di fase bahwa menurut saya lebih penting membalas mention orang daripada dongeng follow dan followback. Pengen tahu selengkapnya? Ada di LEBIH PENTING YANG MANA? DIFOLLOW TAPI TIDAK DIBALAS MENTION ATAU DIBALAS MENTION TAPI TIDAK DIFOLLOW.

5 April 2011

#21 KAMU MENGIRIMIKU PESAN SETELAH AKU MENULIS SURAT PERTAMAKU UNTUKMU

#21 KAMU MENGIRIMIKU PESAN SETELAH AKU MENULIS SURAT PERTAMAKU UNTUKMU

sahabat kecil

Assalamualaikum Nas..

Akhirnya aku berani memanggilmu dengan sebutan nama. Jujur aku masih ingat dengan jelas pertemuan pertama kita di warung ibumu. Ya, aku sama sekali tidak menyangka 7 tahun setelah pertemuan kita waktu itu aku ternyata melihat sosok ALEX ROSWELL yang selama ini aku cari. Dirimu begitu mirip dengannya. Itu kesan pertama yang aku lihat ketika aku bertemu denganmu.
#10 MENGUASAI BANYAK BAHASA

#10 MENGUASAI BANYAK BAHASA


Saya semenjak kecil selalu tertarik dengan berbagai bahasa. Terutama bahasa yang tidak saya ketahui. Saya selalu ingin mempelajari semuanya. Walaupun terkadang saya tidak tahu bagaimana caranya waktu itu. Maklum saya masih tinggal di kampung saya yang memang tidak ada tempat kursus bahasa. Saya dulu mengawali belajar bahasa Tionghoa dengan nenek saya. Kebetulan nenek saya memang orang Tionghoa. Saya belajar setiap hari dan mulai menggunakannya secara campur aduk saat saya masih belum sekolah.

LEBIH PENTING YANG MANA? DIFOLLOW TAPI TIDAK DIBALAS MENTION ATAU DIBALAS MENTION TAPI TIDAK DIFOLLOW

alayer

Saya sudah memiliki akun twitter beberapa tahun dan mengalami beberapa fase selama menggunakannya. Setiap orang memang punya cara masing-masing untuk menggunakannya tidak terlepas diri saya sendiri. Saya punya cara dengan akun twitter saya dan tidak ada satu orang pun yang memiliki hak untuk mengatakan cara saya itu salah.

1 April 2011

SAYA HANYA PENYIAR: SEANDAINYA MEREKA TAHU BAGAIMANA RASANYA

orang kesal

Beberapa minggu sebelumnya kehidupan saya begitu amannya. Sangat aman. Saya tidak diganggu oleh siapa pun. Setidaknya saya mensyukuri karena saya benar-benar aman dari intimidasi siapa pun. Saya memang kurang suka diintimidasi. Bukan karena alasan yang rumit. Sederhana. Saya memang tidak pernah diintimidasi oleh ibu saya. Saya akan menjelaskan bagaimana cara ibu saya mendidik saya di postingan yang lain.