Langsung ke konten utama

EARTH HOUR IS EVERYDAY

earth hour

Mudah-mudahan judul tersebut bahasa Inggrisnya benar. Ternyata berada di sekeliling orang yang pinter berbahasa Inggris sedikit membuat saya minder dengan bahasa Inggris saya sendiri padahal nilai TOEFL saya menduduki peringkat satu di kelas. Ya, pastinya bukan kelas Bahasa Inggris.


Basa-basinya terasa panjang sekali ya?

Oke, kita langsung ke pokok permasalahan. Ngobrol soal Earth Hour nih, tanggal 26 Maret 2011 pukul 20.30-21.30 adalah Earth Hour tahun ini.
Awalnya saya tidak begitu peka soal penghematan energi dan sumber daya alam lainnya. Sekarang saya malah suka berpikir, bagaimana jadinya ya kalau bumi ini kehabisan sumber minyak bumi atau pohon? Dulu di pelajaran Agama Islam telah diajarkan bahwa tak ada yang abadi di dunia ini. Begitu juga dengan sumber daya alam. Lumayan menyeramkan kedengarannya jika kita kehabisan minyak di bumi ini. Banyak hal tak bisa dilakukan oleh manusia.
Saya memang tidak banyak tahu tentang minyak bumi dan sumber daya alam lainnya. Tapi saya ingin mengatakan bahwa Earth Hour itu tidak harus kita peringati setahun sekali. Kita bisa melakukannya setiap hari. Semakin banyak yang melakukan hal-hal kecil yang bisa menghemat listrik, nilainya akan menjadi besar. Masih ingatkan dengan koin untuk Prita? Itu hanya koin sodara-sodara setanah air. Tapi ternyata jumlahnya mencapai milyaran rupiah.

Berikut adalah hal-hal kecil yang ingin saya bagikan dengan semua yang membaca postingan ini yang bisa dilakukan untuk menghemat energi dan mencintai bumi kita.
1. Mematikan handphone saat tidur
Setiap hari kita akan tidur sekitar 6-7 jam. Ada juga yang tidur 8 jam. Oke, kita anggap 8 jam. Saya tidak tahu secara pasti berapa jumlah energi yang kita hemat dengan mematikan handphone. Mungkin bukan handphone tapi handphone-handphone. Bukan hal yang aneh bukan setiap orang memiliki handphone lebih dari satu.

2. Mematikan lampu kamar saat tidur
Banyak orang yang hanya mematikan lampu-lampu di luar kamar saat tidur. Padahal saya pernah baca bahwa tidur yang paling baik itu dengan mematikan lampu. Semakin gelap semakin baik. Karena ada hormon melatonin yang akan keluar ketika tidur dalam keadaan gelap gulita. Hormon melatonin adalah zat yang dihasilkan oleh kelenjar pineal di dalam otak dan pembentukannya akan dipicu oleh gelap. Kadarnya paling tinggi ditemukan menjelang pagi hari sekitar pukul 02.00-04.00 dan paling rendah di sore hari.
Hormon ini mengatur bioritme atau irama tubuh dalam hal pengaturan tidur. Manfaat lain melatonin adalah sebagai anti oksidan yang larut dalam lemak dan air, meningkatkan imun tubuh, menimbulkan relaksasi otot dan membantu meningkatkan mood dan menghilangkan ketegangan. Jadi, sebaiknya lampu dimatikan saat tidur agar bisa memaksimalkan produksi melatonin.

3. Mencabut semua charger yang tidak digunakan
Setelah selesai menggunakan charger, baik charger laptop atau handphone biasanya kita suka membiarkan chargernya masih tersambung dengan listrik. Jangan membiasakan diri untuk membiarkan pengisiian batre handphone yang telah penuh. Cabut segera dengan chargernya. Itu pemborosan yang tidak perlu dilakukan sama sekali.

4. Mengatur televisi agar mati sendiri saat kita ketiduran
Banyak orang yang memiliki televisi sendiri di kamarnya. Suka menyalakan televisi sambil tiduran dan akhirnya benar-benar tertidur. Kita harusnya bisa memperkirakan pukul berapa kita mungkin terlelap dan mengatur agar televisi tersebut mati secara otomatis.

Itu adalah beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghemat listrik dan melakukan gerakan Earth Hour setiap hari. Seperti yang sering kita dengar, mulailah dari hal kecil, dari diri kita sendiri, dan mulailah sekarang. Terdengar kecil, tapi apabila dilakukan oleh banyak orang di bumi, ini akan besar nilainya. Mari menjaga bumi kita demi kelangsungan hidup anak cucu kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengetahui Orang Stalking Twitter Kita, Siapa Stalkersmu?

Siapa yang sudah menggunakan jejaring sosial yang satu ini? Sudah punya banyak temankah di sana? Mention bagaimana? Banyak juga yang hadir setiap harinya? Atau kadang merasa 'twitter' itu mirip dengan kuburan karena bingung mau ngapain aja di sana. Banyak memang orang yang pada awalnya kebingungan menggunakan twitter. Apa yang sebaiknya dilakukan. Apa yang sebaiknya ditulis. Akun seperti apa yang sebaiknya diikuti. Semuanya sebenarnya kembali lagi ke pribadi masing-masing ingin menggunakannya seperti apa. Karena konsekuensinya juga ditanggung diri masing-masing. Apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai. Lama-lama, alah bisa karena biasa akan berlaku. Sebab memang kalau sudah sering membaca lini masa dan sudah mengikuti banyak akun. Kita akan menemukan pola ngetwit kita sendiri. Meskipun demikian, bukan itu yang ingin dibahas dalam tulisan ini. Saya rasa banyak yang penasaran dengan cara mengetahui orang yang stalking akun twitter kita. Orang yang melakukanny

Hati-Hati Belanja di Tokopedia Pakai AnterAja

Selama ini saya selalu puas belanja di berbagai marketplace yang ada di Indonesia termasuk di Tokopedia. Karena selama ini pengirimannya yang saya gunakan ya itu-itu saja. Kalau nggak JNE ya JNT. Pernah juga menggunakan SiCepat. Sudah lama sekali tidak berbelanja di Tokopedia dan saya bulan ini ingin beli kamera dan di Tokopedia saya menemukan kamera yang saya inginkan.  Prinsip saya begitu order langsung bayar supaya barang cepat sampai. Saya tidak sadar kalau pengiriman yang default di aplikasi adalah ekspedisi AnterAja. Tidak pernah menggunakan dan baru dengar. Karena saya pikir memang AnterAja melayani sampai ke Pontianak ya nggak ada masalah dengan pengirimannya. Sampai akhirnya saat tulisan ini saya posting, paket kamera yang saya beli tak kunjung sampai. Googling sana-sini. Buka twitter buat komplain hingga akhirnya menemukan banyaknya orang yang komplain dibandingkan puas dengan layanannya dan bahkan review di google juga jelek. Banyak sekali yang memberikan bintang satu. Terma

Menulis 500 Kata

Sekarang sepertinya harus bekerja lebih keras lagi. Saya banyak sekali menulis artikel yang terlampau pendek. Bahkan banyak sekali postingan yang hanya berisikan gambar. Kalau hanya seperti itu saya yakin banyak orang yang akan bisa membuat postingan jauh lebih banyak dari yang saya bisa lakukan. Jadi sekarang sepertinya saya harus mengubah tantangannya menjadi lebih menarik. Saya harus menulis setidaknya 500 kata untuk setiap artikel yang saya buat. Supaya lebih terasa menantang dan saya tak hanya sambil lalu lagi mengupdate blognya. Sebab akhir-akhir ini ketika menyelesaikan jumlah postingan saya akhirnya suka mengambil beberapa gambar yang sudah saya unggah di instagram dan memasukkannya ke blog menjadikannya satu postingan. Padahal hanya diikuti satu dua kata saja. Bahkan pernah tak ada tulisan apa-apa. Memang menulis 10 postingan sehari bukanlah hal yang mudah untuk membagi waktu dengan persiapan pernikahan. Tapi tantangan memang harus dibuat seberat mungkin bukan? Bukan